Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2018, 16:42 WIB

KOMPAS.com - Seusai sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 yang resmi ditutup pada Minggu (2/9/2018), Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Para Games, 6-13 Oktober 2018 mendatang.

Tidak hanya dari sisi penyelenggaraan, capaian prestasi para atlet Indonesia pada Asian Games lalu juga sukses mengejutkan banyak pihak.

Prestasi fenomenal kontingen Indonesia yang berhasil meraih 31 medali emas diharapkan dapat disusul oleh para atlet Indonesia yang berjuang dalam Asian Para Games.

Lantas, bagaimana kiprah Indonesia pada ajang Asian Para Games?

Baca juga: Menpora Harapkan Kesuksesan yang Sama di Asian Para Games Mendatang

Guangzhou 2010 - Peringkat 14

Asian Para Games pertama ini diselenggarakan pada 12-19 Desember 2010 di Guangzhou, China. 19 cabang olahraga yang dikompetisikan diikuti oleh 2.405 atlet dari 41 negara anggota Asian Paralympic Committee. 

Kala itu, tuan rumah menjadi juara umum dengan raihan 185 medali emas, 118 medali perak, dan 88 medali perunggu. Jepang dan Korea Selatan menyusul di peringkat kedua dan ketiga.

Indonesia berada di peringkat ke-14 klasemen perolehan medali. Indonesia meraih 11 total medali dengan rincian 1 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu. 

Baca juga: Jumlah Bonus pada Asian Para Games Sama dengan Asian Games 2018

Incheon 2014 - Peringkat 9

Asian Para Games yang digelar di Incheon, Korea Selatan, 18-24 Oktober 2014 ini menjadi saksi atas peningkatan prestasi kontingen Indonesia di kancah Asia.

Indonesia yang pada gelaran sebelumnya finis di posisi 14, kali ini menempati peringkat 9. Indonesia meraih 38 medali dengan rincian 9 medali emas, 11 medali perak dan 18 medali perunggu. 

Sembilan medali emas yang diraih oleh Indonesia disumbangkan oleh Agus Susanto dan Dian David Mickael Jacobs dari cabang tenis meja; Mulyana (2 emas dari cabang 50m Freestyle dan 50M Butterfly) dan Marinus Melianus Yowei dari cabang renang; serta Fredy Setiawan, Ukun Rukaendi, Oktila/Setiawan, dan Susanto/Rukaendi dari cabang bulu tangkis.

Baca juga: Sejarah Penyelenggaraan Asian Para Games

Indonesia 2018

Asian Para Games 2018 di Jakarta akan mempertemukan 42 negara Asia anggota Asian Paralympic Committee pada 18 cabang olahraga.

Diperkirakan sejumlah 2.800 atlet, 1.200 official dan 500 awak media dari dalam dan luar negeri akan ambil bagian dalam ajang olahraga empat tahunan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+