Playoff IBL, Garuda Bandung dan BSB Hangtuah Lakoni Laga Hidup Mati

Kompas.com - 28/02/2018, 16:41 WIB
(Kiri-kanan) Kapten Garuda Bandung Diftha Pratama, Pelatih Garuda Bandung Andre Yuwadi, Direktur IBL, Hasan Gozali, Pelatih BSB Hangtuah Andika Supardi Saputra, dan Kapten Hangtuah Abraham Wenas saat menghadiri konferensi pers playoffs IBL 2017/2018 di Hotel Santika, Bandung, Rabu (28/2/2018).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI (Kiri-kanan) Kapten Garuda Bandung Diftha Pratama, Pelatih Garuda Bandung Andre Yuwadi, Direktur IBL, Hasan Gozali, Pelatih BSB Hangtuah Andika Supardi Saputra, dan Kapten Hangtuah Abraham Wenas saat menghadiri konferensi pers playoffs IBL 2017/2018 di Hotel Santika, Bandung, Rabu (28/2/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Garuda Bandung dan BSB Hangtuah bakal melakoni laga hidup mati pada babak playoff kompetisi IBL Pertalite 2007-2018. Kedua tim akan bertanding di GOR C'Tra Arena Bandung pada 2, 3 dan 5 Maret 2018.

Format laga playoff adalah best of three. Tim yang dua kali memetik kemenangan akan maju ke babak semifinal melawan juara Divisi Merah, Satria Muda Pertamina. Jika laga berakhir 2-0 untuk salah satu tim, maka game yang direncanakan tanggal 5 Maret tak perlu digelar.

"Kompetisi reguler sudah menghasilkan enam tim terbaik untuk bersaing pada babak playoff. Garuda dan Hangtuah baru bisa memastikan tiket playoff pada seri terakhir babak reguler. lni menunjukan ketatnya persaingan lBL Pertalite 2017-2018," kata Direktur lBL, Hasan Gozali, Rabu (28/2/2018).

Garuda memiliki hak sebagai tuan rumah karena menduduki peringkat kedua divisi. Poin mereka lebih banyak dari Hangtuah walaupun dalam tiga kali pertemuan pada babak reguler Garuda mengalami dua kali kekalahan dan satu kemenangan dari lawan yang sama.

"Kami sudah lupakan babak reguler. Kini fokus menghadapi babak playoff. Hangtuah adalah lawan tangguh, kedua tim sudah saling mengetahui kekuatan masing-masing,” kata pelatih Garuda, Andre Yuwadi.

Pemain impor Garuda yang baru datang pada pertengahan musim kompetisi, Gary Jacobs, yakin timnya akan bisa melangkah lebih jauh.

"Tim kami makin bagus. Saya juga punya tandem impor bagus, Roderick Flemings. Kami akan berjuang untuk menang dan maju ke babak semifinal,” kata Gary.

Sementara itu kapten tim Garuda, Diftha Pratama, gembira dengan perkembangan timnya.

"Kami sekarang percaya diri walaupun menghadapi tim-tim besar," ucap Diftha.

Di kubu lawan, Hangtuah juga telah melakukan persiapan matang menatap laga tersebut.

”Persiapan kami tak hanya di dalam lapangan, namun juga di luar lapangan. Kami harus terus mendampingi dan membimbing pemain-pemain muda Hangtuah,” kata pelatih Hangtuah, Andika Supardi Saputra.

Kapten Hangtuah, Abraham Wenas menyebut semua laga pada babak reguler adalah pembelajaran bagi dia dan rekan-rekannya.

"Pemain muda seperti kami harus terus belajar bagaimana meningkatkan diri kala pemain impor tidak dimainkan,” kata Abraham yang juga seorang rokie.

Duet impor Garuda, Jacobs dan Flemings akan berduel dengan duet impor Hangtuah, Keenan Palmore dan Nashon George. George tidak dimainkan dalam laga terakhir seri kedelapan di Malang menghadapi Pelita Jaya karena cedera pelipis.

"Saya tidak mau memaksakannya bermain, berharap dia fit total pada babak playoff,” kata Andika.

Sementara itu, playoff Divisi Putih yang mempertemukan Stapac Jakarta melawan Pacific Caesar Surabaya akan berlangsung di DBL Arena Surabaya, 9,10 dan 12 Maret dengan Stapac bertindak sebagai tuan rumah.



Close Ads X