Satu Lagi Atlet Singapura Bersekolah dan Berlatih di AS - Kompas.com

Satu Lagi Atlet Singapura Bersekolah dan Berlatih di AS

Kompas.com - 07/01/2018, 00:04 WIB
Lione Khoothestraitstimes Lione Khoo

SINGAPORE, Kompas.com  - Atlet renang gaya dada Singapura, Lionel Khoo menambah jumlah atlet negara tersebut yang mendapat kesempatan berlatih dan bersekolah di AS.

Khoo, 22,  akan melanjutkan sekolah dan berlatih di University of South Carolina. Ia menjadi atlet Singapura keempat setelah Joseph Schooling (University of Texas, Austin), Quah Zheng Wen (UC Berkeley) serta adiknya, Quah Jing Wen (TexasA&M).

"Saya berterimakasih  kepada Singapore Management University (SMU), NTC (National Training Centre) dan SSI (Singapore Sports Institute) karena mengijinkan saya  mendapat kesempatan mengejar target saya secara akademik dan olahraga," kata Khoo.

"Namun saya selalu ingin  mendapatkan pengalaman hidup,  sekolah dan berlatih di negara yang berbeda dan sekarang kesempatan itu telah datang dan saya akan memanfaatkannya," lanjutnya.

"South Carolina mengijinkan saya  untuk melanjutkan apa yang telah saya pelajari di SMU.  Mereka juga memiliki program renang yang baik dengan pelatih yang baik. Saya sudah berbicara dengan mereka melalui telepon dan saya senang dengan tawaran mereka," tambah Khoo yang mendapatkan beasiswa akademik dari universitasnya.

Atlet renang yang memiliki tinggi badan 1.78 meter ini sekarang berlatih di bawah pelatih nasional Gary Tan. Ia memiliki catatan waktu terbaik  200 meter gaya dada (2:15.27), 50 meter (27.31) serta 100 meter (59.65). Pada SEA Games Kuala Lumpur 2017, Khoo meraih medali perunggu nomor 50 meter gaya dada.

Tim Spouth Carolina University, Gamecocks kini di bawah pelatih  McGee Moody yang telah menangani selama sepuluh tahun.  Musim lalu Gamecocks berada di peringkat 19 divisi I kompetisi renang  National Collegiate Athletic Assosiation (NCAA).

Khoo sendiri kemungkinan belum dapat memperkuat sekolahnya musim kompetisi 2018 ini karena masalah kelengkapan surat-surat di NCAA. "Kemungkinan saya baru akan membela South Carolina pada Januari 2019. Namun saya memiliki kesempatan tetap berlatih bersama tim dan boleh bertanding untuk SIngapura."


EditorTjahjo Sasongko
Komentar

Close Ads X