Joseph Schooling Bantah Lecehkan Malaysia - Kompas.com

Joseph Schooling Bantah Lecehkan Malaysia

Tjahjo Sasongko
Kompas.com - 09/08/2017, 19:40 WIB
Sambutan buat Joseph Schooling di Bandara Changi Sambutan buat Joseph Schooling di Bandara Changi

SINGAPURA, Kompas.com - Juara Olimpiade asal Singapura, Josph Schooling membantah dirinya telah melecehkan para atlet tuan rumah SEA Games 2017, Malaysia.

Saat baru kembali ke Singapura, pakan lalu, Schooling sempat berkomentar akan memberi satu dua pelajaran buat Malaysia di ajang SEA Games. Lengkapnya ia mengatakan,"Kami akan melakukan hal yang istimewa di SEA Games. (SEA Games) 2015 adalah luar biasa buat kami. Ini saatnya kami datang ke kandang Malaysia dan memberi mereka pelajaran."

Pernyataan Schooling ini menuai kecaman dari netizen, terutama dari Malaysia. "Pernyataan yang tidak simpatik dari atlet kebanggaan Singapura," tulis Paul Kin Lim. "Lebih baik apabila dia bersikap rendah hati," kata yang lain.

Schooling langsung menggapi "kemarahan" pihak Malaysia tersebut.  Ia menyebut pernyataan dia telah ditanggapi, namun pada konteks yang salah.  "Saya berbicara dalam konteks para atlet muda kami yang akan turun di SEA Games mendatang. Saya tidak sabar untuk datang ke sana dan memberi pelajaran kepada para atlet muda kami."

"Mungkin saya terdengar seperti mengritik Malaysia, padahal saya ingin memberi pelajaran kepada para atlet muda kami untuk belajar di SEA Games untuk mengejar ajang yang lebih besar di masa depan."

PenulisTjahjo Sasongko
EditorTjahjo Sasongko
Komentar