Kompas.com - 18/09/2017, 20:49 WIB
Koordinator Departemen Sukarelawan dan Sumber Daya Manusia Inasgoc Pusparini Hakim memaparkan kebutuhan volunteer pada acara acara peluncuran situs resmi pendaftaran volunteer alias sukarelawan untuk Asian Games 2018 di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, (18/9/2017).
InasgocKoordinator Departemen Sukarelawan dan Sumber Daya Manusia Inasgoc Pusparini Hakim memaparkan kebutuhan volunteer pada acara acara peluncuran situs resmi pendaftaran volunteer alias sukarelawan untuk Asian Games 2018 di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, (18/9/2017).
|
EditorEris Eka Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Departemen Sukarelawan dan Sumber Daya Manusia Inasgoc, Pusparini Hakim, mengatakan, proses rekrutmen sukarelawan alias volunteer Asian Games 2018 akan terbagi dalam tiga tahap.

"Kami akan menyeleksi mereka secara administratif melalui sistem di dalam jaringan, lalu ada psikotes dalam bentuk forum diskusi grup, terakhir tes wawancara," tutur Pusparani di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (18/9/2017).

Para sukarelawan yang telah lolos tahapan-tahapan seleksi tersebut akan mendapat berbagai pelatihan dari Inasgoc.

Rangkaian pelatihan itu, kata Pusparani, berupa etika berkomunikasi, pengetahuan keolahragaan, dan pengetahuan pariwisata.

Selain itu, para volunteer terpilih juga akan mendapat uang transportasi, uang makan, dan sejumlah fasilitas lain, termasuk seragam dan sepatu.

"Mereka juga dapat menentukan jumlah hari bekerja sebagai sukarelawan dengan mengatur jadwal kerja bersama koordinator sukarelawan," ucap Pusparani.

"Namun, dalam satu hari bekerja, mereka akan berkerja dengan sistem terjadwal selama delapan jam kerja," kata Pusparani lagi.

Ketua Inasgoc Erick Thohir (berdiri di belakang, kedua dari kiri) tengah memeriksa kesiapan website pada acara peluncuran situs resmi pendaftaran volunteer alias sukarelawan untuk Asian Games 2018 di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, (18/9/2017).
Inasgoc Ketua Inasgoc Erick Thohir (berdiri di belakang, kedua dari kiri) tengah memeriksa kesiapan website pada acara peluncuran situs resmi pendaftaran volunteer alias sukarelawan untuk Asian Games 2018 di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, (18/9/2017).

Inasgoc resmi membuka pendaftaran volunteer Asian Games 2018 pada hari ini di kantor mereka, Wisma Serbaguna Senayan.

Baca juga: Pendaftaran untuk Sukarelawan Asian Games 2018 Resmi Dibuka

Ketua Inasgoc Erick Thohir mengatakan, pihaknya membutuhkan 2.000 sukarelawan untuk membantu penyelenggaraan uji coba 10 cabang olahraga pada Februari 2018 di Jakarta.

Khusus untuk kebutuhan ini, Pusparani menjelaskan bahwa pendaftaran sukarelawan untuk kejuaraan uji coba dibuka mulai 18 September hingga 23 Oktober 2017.

Adapun untuk penyelenggaraan Asian Games 2018, Inasgoc memerlukan 2.000 volunteer di Palembang, Sumatera Selatan, dan 11.000 volunteer di Jakarta.

Lebih lanjut, Erick mengatakan bahwa pendaftaraan sukarelawan Asian Games 2018 bebas biaya alias gratis.

Dia juga mengimbau kepada para calon sukarelawan yang akan mendaftar agar tidak memberi imbalan apa pun kepada panitia seleksi.

Pendaftaran sukarelawan yang dibuka untuk seluruh warga negara Indonesia ini bisa diakses melalui situs volunteer.asiangames2018.id. (Diya Farida Purnawangsuni)



Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X