Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alonso Raih Gelar Ketiga

Kompas.com - 23/07/2012, 05:13 WIB

Hockenheim, Minggu - Fernando Alonso berjuang keras menutup jalan ke tikungan saat Sebastian Vettel berniat menyalipnya di putaran ke-32 dan ke-33. Alonso juga mati-matian menjaga posisi terdepan saat Jenson Button menyerang di putaran ke-60 agar menjuarai F1 seri Jerman.

Bertarung di Sirkuit Hockenheim, Jerman, Minggu (22/7), Alonso terganggu ancaman tiga pebalap tuan rumah: Vettel, Michael Schumacher, dan Nico Hulkenberg, yang start tepat di belakangnya. Namun, dari ketiga pebalap tersebut, hanya Vettel yang menebar ancaman terserius bagi pebalap tim Ferrari itu.

Vettel yang menempel di urutan kedua berhasil memangkas selisih waktu dari 2,6 detik menjadi 0,36 detik. Di lintasan lurus, Vettel dua kali mencoba menyalip Alonso dengan mengaktifkan sistem pengurang hambatan atau drag reduction system (DRS).

Namun, Alonso berhasil menutup jalan saat akan masuk ke tikungan dan kembali menjauh dari Vettel di putaran ke-35.

Serangan terhadap Alonso kembali terjadi setelah Button berhasil menyalip Vettel di putaran ke-42. Seperti Vettel, Button memulai serangan dengan memangkas selisih waktunya sampai kurang dari satu detik di putaran ke-59.

Di putaran ke-60 dan ke-61, Button mencoba menyalip Alonso dengan DRS. Akan tetapi, pebalap Spanyol itu mampu memanfaatkan momen masuk tikungan dengan cerdik. Trik lolos dari kejaran khas Alonso. Tak heran, ia mampu finis terdepan dan merebut kemenangan ketiga pada musim 2012 ini.

Vettel berhasil menyalip Button di putaran ke-66 dan menjadi runner-up, diikuti Button di urutan ketiga. Urutan keempat sampai ke-10 ditempati Kimi Raikkonen, Kamui Kobayashi, Sergio Perez, Schumacher, Mark Webber, Hulkenberg, Nico Rosberg.

Dengan kemenangan ini, Alonso mengokohkan diri di puncak klasemen dengan 154 poin, diikuti oleh Webber dengan 120 poin dan Vettel 118 poin.

”Pertarungan melawan Vettel dan Button sangat ketat. Saya beruntung mendapatkan setelan mesin yang bagus sehingga dapat mempertahankan posisi terdepan dan menjauh dari keduanya sampai finis,” kata Alonso.

Rio posisi ke-13

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com