Indonesia Hadapi Rusia di Laga Pertama

Kompas.com - 11/05/2011, 05:35 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Rusia akan menjadi lawan pertama Indonesia di babak penyisihan grup B Piala Sudirman di Qingdao, China, 22 Mei mendatang.

Kemenangan dari Rusia akan menjadi modal penting untuk menghadapi Malaysia di laga berikutnya yang akan digelar tiga hari setelah pertandingan melawan Rusia.

”Target kita di penyisihan grup memang harus bisa sapu bersih. Pertandingan melawan Rusia cukup penting karena ini akan menjadi langkah awal kita,” kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PBSI Hadi Nasri di Jakarta, Selasa (10/5).

Menurut Hadi Nasri, secara kekuatan, Indonesia masih lebih unggul dibanding Rusia dan Malaysia. Namun, pemain-pemain Indonesia tidak boleh lengah karena kejutan bisa saja terjadi.

Hanya dua tim teratas yang nantinya akan terus melaju ke babak perempat final. Untuk menghindari lawan berat, Indonesia harus bisa tampil sebagai juara grup.

Pada Piala Sudirman kali ini, Indonesia ditempatkan sebagai unggulan ketiga di bawah China dan Denmark. Artinya, jika hanya menempati runner-up grup B, di babak perempat final bisa saja Indonesia bertemu China atau Denmark dan unggulan lainnya, Taiwan.

Hadi Nasri mengatakan, waktu yang tersisa ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pemulihan dan latihan. ”Saya sudah mengecek kesiapan pemain. Latihan dilakukan rutin tanpa libur,” ujar Hadi Nasri yang juga ditunjuk sebagai manajer tim Piala Sudirman.

Menurut Hadi Nasri, rencananya tim Indonesia akan berangkat ke Qingdao pada 19 Mei atau tiga hari sebelum pertandingan. ”Keberangkatan lebih awal akan kami manfaatkan untuk latihan dan penyesuaian kondisi lapangan,” ujar Hadi Nasri.

Baru sekali juara

Dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Piala Sudirman, Indonesia baru satu kali tampil sebagai juara, yakni pada 1989 di Jakarta. Setelah itu, tim China mendominasi. Pada Piala Sudirman 2009 lalu, China tampil sebagai juara setelah di final mengalahkan Korea Selatan. Sementara tim Indonesia hanya bertahan hingga semifinal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X