Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kimi Raikkonen Kembali ke Ferrari

Kompas.com - 11/09/2013, 19:43 WIB
MARANELLO, KOMPAS.com - Kimi Raikkonen resmi kembali bergabung dengan Ferrari, dan akan membalap bersama Fernando Alonso untuk musim 2014. Ferrari dan Raikkonen sepakat mengikat kerja sama selama dua musim.

Sebelumnya, Raikkonen sempat dikabarkan akan menggantikan posisi Mark Webber yang meninggalkan Red Bull Racing akhir musim nanti. Tetapi, Red Bull memilih untuk menggandeng Daniel Ricciardo, sebagai tandem Sebastian Vettel.

Sejak itu, rumor Raikkonen ke Ferrari semakin gencar diberitakan, meski tetap ada pilihan bahwa pebalap Finlandia tersebut akan bertahan di Lotus, yang memang masih sangat menginginkannya.

Kabar Raikkonen kembali ke Ferrari semakin memuncak setelah kemarin, Selasa (10/9/2013), Felipe Massa menyatakan tidak akan bersama tim kuda jingkrak lagi untuk balapan musim depan.

Rumor pun jadi kenyataan, Raikkonen akan berseragam merah lagi, musim depan. Pebalap 33 tahun ini pernah membela Ferrari selama tiga musim, 2007-2009. Bersama Ferrari, dia meraih gelar juara dunia pada 2007.

Pebalap yang terkenal cuek dan tak kenal basa basi ini diyakini masih punya banyak sekali "tifosi" di Ferrari. Dia adalah pebalap pertama yang membawa Ferrari juara dunia, setelah ditinggalkan Michael Schumacher.

Setelah menjalani musim yang tak terlalu bagus pada 2009, dia meninggalkan F1 dan beralih pada persaingan reli dunia, bahkan sempat mencoba balapan Nascar dan Peugeot's Le Mans. Sayangnya, dia tak meraih prestasi gemilang di balapan-balapan tersebut.

Akhirnya, dia kembali ke kompetisi balap "jet darat" ini, dan membela Lotus. Dengan paket mobil tak secanggih beberapa pesaingnya, Raikkonen berhasil menempati urutan tiga pada akhir musim pertama dia kembali, 2012.

Musim ini, dia membuka kompetisi dengan baik, saat menjuarai seri pertama di Australia. Setelah itu, dia beberapa kali finis kedua. Raikkonen kini berada di urutan empat klasemen, dengan balapan masih menyisakan tujuh seri.

Raikkonen Bersama Ferrari
                                 2007  2008  2009
Menang                       6        2        1
Pole                             3        2        0
Klaseman Akhir           1        3        6
Poin                           110     75      48

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com