Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Lee Chong Wei Sulit Mengalahkan Zwiebler?

Kompas.com - 12/06/2014, 21:50 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Lee Chong Wei di luar dugaan harus bekerja keras untuk mendapatkan kemenangan atas Mark Zwiebler pada babak kedua Jepang Terbuka di Tokyo, Rabu (12/6/2014). Lee mengalahkan Zwiebler dengan 21-13, 28-26.

Apa yang terjadi dengan Lee Chong Wei? Pertanyaan tersebut segera muncul karena normalnya dia tidak akan mengalami kesulitan untuk menundukkan wakil Jerman tersebut.

Bulan lalu, dia mengalahkan Zwiebler dengan mudah di ajang Piala Thomas, 21-14, 21-8. Pada delapan pertemuan sebelumnya, Lee juga tak pernah mengalami kesulitan untuk menaklukkan pemain ranking 12 tersebut. Kini, Lee unggul 10-0 atas Zwiebler.

Pelatih Malaysia, Tey Seu Bock, menyebut jeleknya kualitas kok sebagai penyebab sulitnya Lee mengalahkan Zwiebler. "Saya pikir Chong Wei bermain sangat bagus, tetapi kok-nya sangat lambat. Faktanya, kebanyakan pertandingan di sini berjalan dengan reli-reli panjang," kata Tey Seu Bock.

Lee butuh 53 menit untuk mendapatkan kemenangan dan memastikan diri lolos ke perempat final dan akan menghadapi wakil Indonesia, Tommy Sugiarto.

"Melawan Tommy besok, skenarionya akan tetap sama. Sudah pasti akan terjadi banyak reli, jadi pemain yang lebih siap (secara fisik) akan menang," lanjut Tey.

Lee Chong Wei adalah satu-satunya tunggal putra Malaysia yang masih bertahan di turnamen ini. Dua tunggal lainnya, Liew Daren dan Chong Wei Feng, sudah tumbang di tangan lawan yang sama, Lin Dan. Daren kalah 17-21, 18-21 pada babak kualifikasi, sedangkan Chong kalah 14-21, 14-21 di babak kedua.

"Wei Feng tidak bermain jelek, hanya saja dia mengalami kesulitan untuk mengalahkan Lin Dan," kata Tey. "Lin Dan terlalu bagus. Dia mendikte pertandingan. Ini jadi pelajaran bagus untuk Wei Feng."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com