Olimpiade Tokyo 2020 Menantang dan Menakjubkan bagi Lin Dan

Kompas.com - 22/04/2019, 12:31 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan. BWF BADMINTONPebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan.

KOMPAS.com - Lin Dan, yang akan mengikuti Kejuaraan Asia 2019 di Wuhan, China, mengatakan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 menjadi event paling sulit. Dia pun memastikan, itu akan menjadi Olimpiade terakhir baginya.

Meskipun demikian, belum ada kepastian apakah Lin Dan bisa memenuhi syarat untuk ikut Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya, peraih lima gelar juara dunia tersebut saat ini berada di peringkat ke-13 dunia.

Peringkat tersebut membuat Lin Dan berada di bawah rekan senegaranya Shi Yuqi dan Chen Long. Shi Yuqi merupakan pemain nomor dua dunia sedangkan Chen Long ranking 4 dunia.

Baca Juga: Sempat Dicemooh, Lin Dan Ungkap Alasan Mundur dari Singapore Open 2019

Padahal, setiap negara hanya boleh mengirim dua wakil untuk setiap nomor ke Olimpiade Tokyo 2020. Ini yang membuat Lin Dan mengakui bahwa Olimpiade Tokyo menjadi yang paling berat untuknya.

"Olimpiade Tokyo akan menjadi yang paling berat, tetapi juga menjadi yang paling menarik dan menakjubkan bagi saya," ucap Lin Dan seperti dikutip Kompas.com dari Badmintonplanet.

Lin Dan menambahkan bahwa dirinya menghadapi banyak rintangan menuju Olimpiade Tokyo 2020. Namun, dia percaya diri bisa melewatinya dan melakukan yang terbaik.

"Saya menghadapi banyak rintangan tetapi saya akan mencoba yang terbaik dan melewati semua rintangan tersebut," tambahnya.

Memang, Lin Dan tetap berpeluang tampil pada Olimpiade Tokyo 2020. Syaratnya, dia harus mengumpulkan poin sebanyak mungkin selama kualifikasi yang dimulai 29 April 2019 dan berakhir pada April 2020.

Baca Juga: Lin Dan Akui Penampilannya Sepanjang 2018 Tidak Ideal

Lin Dan sudah memperlihatkan tanda-tanda kebangkitannya ketika menjadi juara Malaysia Open 2019 awal bulan ini. Padahal dalam turnamen-turnamen sebelumnya, pemain kidal ini hanya mencapai babak pertama sejak pertengahan 2018.

"Menjadi juara Malaysia Open 2019 telah membuktikan bahwa saya masih bekerja keras, saya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan," ungkap Lin Dan.

Mantan pemain nomor satu dunia ini pun akan tampil dalam Kejuaraan Asia 2019 yang mulai bergulir Selasa (23/4/2019). Lin Dan akan menghadapi wakil Malaysia, Daren Liew, pada babak pertama.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X