Misi Mustahil Sebastian Vettel di GP Meksiko

Kompas.com - 23/10/2018, 21:17 WIB
Sebastian Vettel menjalani latihan bebas pada GP Amerika di Austin, 20 Oktober 2018. AFP/Dan Istitene Sebastian Vettel menjalani latihan bebas pada GP Amerika di Austin, 20 Oktober 2018.

KOMPAS.com - Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, membawa misi mustahil pada balapan seri ke-19 Formula 1 (F1) musim ini di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, Meksiko, akhir pekan ini.

Pesta juara dunia pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, tertunda setelah hanya mampu finis di peringkat ketiga di  di Grand Prix (GP) Amerika Serikat, Senin (22/10/2018) dini hari WIB.

Sementara itu, Vettel berhasil menjaga asa juara dunia dengan mengekor di peringkat keempat pada GP Amerika Serikat.

Pebalap Jerman ini mendulang 12 poin dari GP Amerika Serikat sehingga telah mengoleksi total 276 poin. Vettel hanya berjarak 70 poin di bawah Lewis Hamilton yang bercokol di puncak klasemen sementara. 

Vettel bisa merebut gelar juara dunia dari Hamiton asalkan mampu memenangi tiga sisa seri balapan musim ini. 

Baca juga: Hasil F1 GP Amerika, Kimi Raikkonen Tunda Pesta Juara Lewis Hamilton

Namun, memenangi tiga balapan yang tersisa tidak cukup untuk membuat Vettel meraih gelar juara dunia F1 kelimanya. Dia harus berdoa Hamilton selalu tergelincir di tiga sisa balapan.

Pasalnya, Lewis Hamilton saat ini berada di puncak tabel klasemen F1 2018 dengan koleksi 346 poin dari 18 seri balapan yang sudah dilakoni.

Pebalap Inggris itu hanya butuh lima poin tambahan pada tiga balapan tersisa untuk mengunci gelar juara dunia musim ini.

Baca juga: Tertinggal 40 Poin, Vettel Belum Menyerah Raih Gelar Juara F1

Dengan kata lain, Lewis Hamilton minimal harus finis di posisi ketujuh dan meraih enam poi untuk menyegel gelar juara dunia.

Melihat skenario di atas, perjuangan Sebastian Vettel meraih gelar juara dunia musim ini bagaikan agen Ethan Hunt dalam film Mission: Impossible yang kerap menjalani misi sulit dan nyaris mustahil.

Sementara itu, seri balapan F1 2018 berikutya bakal digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez, Meksiko, pada 26-28 Oktober 2018. (Doddy Wiratama)

 

Berikut jadwal F1 GP Meksiko di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X