Kompas.com - 08/10/2018, 14:25 WIB

KOMPAS.com - Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 telah terselenggara secara meriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (6/10/2018) malam.

Acara digarap oleh Jay Subiyakto selaku Associate Creative Director and Set Designer; Chitra Subiyakto sebagai Costume Designer, dan Andy Rianto sebagai Music Director.

Hampir sama seperti pembukaan Asian Games 2018, Presiden Joko Widodo menampilkan sesuatu yang berbeda. Presiden memanah bersama dua anak penyandang disabilitas. Ketiganya lalu membidik huruf "D", "I" dan "S" yang awalnya membentuk kata "Disability" sehingga menjadi "Ability".

Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 merupakan acara ketiga setelah diadakan pertama di Guangzhou, China pada 2010.

Pada awalnya, Asian Para Games bernama Far East and South Pacific Games for the Disabled atau Fespic Games.

Pada 2006, sistem Fespic Games dihapus dan diambil alih oleh Asian Paralympic Committee yang menyelenggarakan Asian Para Games.

Baca juga: Stadion Sriwedari, "Venue" Cikal Bakal Asian Para Games

Pembukaan Fespic Games

Sebelum pembukaan Fespic Games, berbagai penyambutan dan sosialisasi digunakan untuk memperkenalkan acara itu.

Harian Kompas edisi 23 Agustus 1986 menulis, artis yang tergabung dalam Parfi (Persatuan Artis Film Indonesia) pembangunan nasional mengadakan pawai bersama sehari menjelang acara pembukaan acara internasional itu.

Pada 30 Agustus 1986, dilakukan acara pawai artis di Kota Surakarta. Artis yang merupakan pemain film dan musik ini memberikan penampilan terbaiknya sehari menjelang hari-H. Mereka berjajar di pinggir jalan dengan puluhan ribu masyarakat.

Pada 1986, Indonesia pernah menyelenggarakan Fespic Games perdana dan merupakan ke-IV sejak acara itu digelar. Kota Surakarta dipilih sebagai tempat penyelenggara.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.