Kompas.com - 10/09/2018, 08:13 WIB
Juan Martin del Potro dan Novak Djokovic berfoto bersama jelang laga final US Open 2018 di New York, 9 September 2018. KENA BETANCURJuan Martin del Potro dan Novak Djokovic berfoto bersama jelang laga final US Open 2018 di New York, 9 September 2018.

NEW YORK, KOMPAS.com - Petenis tunggal putra asal Serbia, Novak Djokovic keluar sebagai juara turnamen Amerika Terbuka (US Open) 2018, Senin (10/9/2018) pagi WIB.

Di partai final Djokovic yang berstatus unggulan keenam mengalahkan unggulan ketiga asal Argentina, Juan Martin del Potro.

Bermain di Arthur Ashe Stadium, Djokovic menang tiga gim langsung dengan skor 6-3, 7-6 (7-4) dan 6-3.

Ini adalah gelar US Open ketiga Djokovic sepanjang kariernya. Secara keseluruhan, Djokovic kini berada di peringkat ketiga peraih gelar Grand Slam tunggal putra terbanyak.

Petenis berusia 31 tahun itu menyamai legenda Amerika Serikat Pete Sampras dengan koleksi 14 gelar Grand Slam.

"Saya berharap Pete Sampras bisa berada di sini dan nyatanya tidak. Saya hanya ingin mengatakan bahwa saya sangat mencintai Pete. Dia adalah idola saya," ujar Djokovic dikutip dari BBC Sport seusai laga.

Baca juga: US Open 2018 - Kemenangan Naomi Osaka dan Protes Keras Serena Williams pada Laga Final

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Djokovic hanya kalah dari Roger Federer yang mengoleksi 20 gelar serta Rafael Nadal dengan raihan 17 trofi Grand Slam.

Sementara itu, kekalahan dari Djokovic membuat penantian Del Potro untuk meraih gelar Grand Slam sejak 2009 belum juga berakhir.

Meskipun meraih hasil minor, Del Potro bangga dengan pencapaiannya, terlebih setelah kembali dari cidera. Del Potro juga tidak lupa memuji Djokovic seusai laga.

"Saya tidak pernah menyerah ketika mengalami cedera pergelangan tangan. Saya bangga bisa kembali ke sini setelah sembilan tahun. Ini sangat luar biasa. US Open adalah turnamen favorit saya," kata Del Potro.

Baca juga: Naomi Osaka Buka Suara Soal Kontroversi di Final US Open 2018 Melawan Serena Williams

"Saya bangga bisa bermain di final melawan idola saya. Saya sedih harus kalah tapi juga bahagia melihat Djokovic juara," ucap Del Potro menambahkan.

Dengan hasil final US Open ini, catatan buruk Del Potro kala menghadapi Djokovic bertambah. Del Potro hanya bisa meraih empat kemenangan dari 19 laga melawan Djokovic.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.