Kompas.com - 08/07/2018, 18:10 WIB
Kento Momota Tjahjo Sasongko/Kompas.comKento Momota


JAKARTA, Kompas.com — Tunggal putra Jepang, Kento Momota, mengaku mendapat pelajaran banyak saat menjuarai Blibli Indonesia Open 2018 dengan mengalahkan unggulan pertama, Viktor Axelsen, di final, Minggu (8/7/2018).

Pada pertandingan final tersebut, Momota yang tidak diunggulkan menang dalam dua gim 21-14, 21-9.

Pertandingan final menjadi antiklimaks karena berjalan berat sebelah. Axelsen tampak mengalami out of the day dan tampil buruk. Ia sempat tertinggal 1-9 sebelum mampu mengejar sampai 8-12.  Namun, Momota yang sudah semakin percaya diri mampu  melaju dan merebut gim pertama 21-14.

Gim kedua berjalan serupa. Axelsen  tampil serba salah dan banyak pukulannya yang  jatuh di luar lapangan. Momota mampu menutup gim kedua sekaligus pertandingan ini dengan 21-9.

Usai pertandingan, Axelsen mengaku tampil buruk pada hari ini dan banyak melakukan unforced errors. "Saya merasakan sakit pada kaki saya yang membuat saya kesulitan mencari posisi yang baik untuk mengembalikan pukulan lawan. Sementara Momota bermain baik sekali hari ini," kata Axelsen.

Ia juga mengaku tampil di Istora bukan dengan persiapan yang memadai. "Dua pekan sebelum datang ke sini, saya  bermasalah dengan cedera saya dan tidak bsia berlatih dengan maksimal. Namun, saya harap dapat mengatasinya dalam dua pekan sebelum turun di kejuaraan dunia Agustus nanti."

Sementara Kento Momota mengaku pada awalnya sempat kaget karena unggul dengan cepat. Namun, ia kemudian berhati-hati karena Axelsen mampu mengejar perolehan poin. "Saya khawatir juga karena sebenarnya saya sudah merasa lelah untuk pertandingan final ini," kata Momota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengatakan, turun dalam dua turnamen besar dua pekan berturut-turut benar-benar menguras stamina dan konsentrasinya. Pekan lalu, Momota lolos ke final Malaysia Open sebelum dikalahkan tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei.

"Meski lelah, saya mendapat pelajaran banyak dari Indonesia Open kali ini, dari penonton dan yang terutama adalah hasil kemenangan ini benar-benar  meningkatkan kepercayaan diri saya menghadapi kejuaraan dunia dan Asian Games mendatang," ungkapnya.

Satu hal yang juga membuatnya terkejut adalah ternyata ada klub penggemar "Kento Momota Fans Club" di antara para penggemar bulu tangkis Indonesia. Pekan ini, ia mendapat hadiah  foto dirinya dari para penggemar tersebut. "Terima kasih banyak, Indonesia," katanya lagi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.