Kompas.com - 06/07/2018, 19:20 WIB
Kapolrestabes Bandung, Kombes Hendro Pandowo, tengah melihat sepeda milik pebalap Hari Fitriadi yang hancur setelah mengalami kecelakaan di Subang, Jumat (6/7/2018) DOK. TRIBUN JABARKapolrestabes Bandung, Kombes Hendro Pandowo, tengah melihat sepeda milik pebalap Hari Fitriadi yang hancur setelah mengalami kecelakaan di Subang, Jumat (6/7/2018)

SUBANG, KOMPAS.com - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mengeluarkan imbauan untuk atlet nasional mapun asing untuk tidak berlatih di Tanjakan Emen, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jumat (6/7/2018).

Larangan ini dikeluarkan karena salah satu atlet sepeda Indonesia untuk Asian Games 2018, Hari Fitriadi, mengalami kecelakan saat sedang berlatih.

Hari Fitriadi saat itu sedang melaju dengan sepedanya ke arah Subang namun ditabrak oleh sebuah kendaraan minibus.

Atas kejadian ini, PB ISSI merekomendasikan jika ada atlet yang ingin berlatih di Tanjakan Emen, harus disertai dengan pengawalan dari pihak berwajib.

"Atas kejadian ini, kami dari PB ISSI sangat tidak merekomendasikan atlet negara lain yg ingin berlatih di tanjakan Emen Subang, kecuali melalui kordinasi dan pengawalan dari federasi dan kepolisian setempat. Kita semua tidak ingin kejadian serupa terulang lagi," tegas Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, dalam rilis PB ISSI.

Baca juga:  Indonesia Open 2018 - Ratchanok Intanon Menang, Indonesia Tak Punya Wakil di Sektor Tunggal Putri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat luas, khususnya pengguna jalan untuk lebih tertib dan menghormati hak-hak pesepeda, kita semua mesti lebih respek," ucap Okto menambahkan.

Terkait dengan kondisi Hari Fitriadi, Okto menjelaskan jika sang atlet mengalami cedera cukup parah terutama di bagian otak.

"Kecelakaan ini cukup serius, karena saat dibawa menggunakan ambulans ke RS Advent dalam perjalanan dari Subang ke Bandung, korban muntah darah dan setelah diperiksa ternyata geger otak sedang," kata Okto menjelaskan.

Atas hal ini, Okto mewakili keluarga besar PB ISSI berharap Hari Fitriadi bisa segera pulih dan segera kembali berlatih.

Baca juga: Daftar Pemain yang Absen di Perempat Final Piala Dunia, Termasuk Pilar Timnas Brasil

"Semoga Mas Hary lekas sembuh dan bisa ikut mengharumkan Indonesia, khususnya dari cabang olahraga balap sepeda," tutur Okto mengakhiri.

Rekan sesama pebalap sepeda, Aiman Cahyadi, sempat mengunggah ‎kondisi sepeda yang dibawa oleh korban dalam kondisi hancur di akun instagramnya, Aiman_Cahyadi. Ia juga menuliskan keterangan bahwa Hari mengalami kecelakaan setelah ditabrak dari belakang.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Hendro Pandowo, menyempatkan untuk menjenguk Hari di RS Advent.

"Tadi saya menjenguk atlet sepeda kecekaaan di Subang. Tadi kondisinya sadar enggak sadar, sedang dalam penanganan‎," kata Hendro seperti dilansir dari Tribun Jabar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.