Kompas.com - 08/11/2017, 16:10 WIB
EditorTjahjo Sasongko

SHANGHAI, Kompas.com — Tiga pemain basket AS yang tengah melakukan pertandingan persahabatan itu ditangkap di China setelah dicurigai mengutil di pusat perbelanjaan.

Ketiga pemain tersebut tergabung dalam tim basket UCLA yang tengah melakukan pertandingan persahabatan menghadapi Georgia Tech di Shanghai, Sabtu lalu.  Salah satunya adalah LiAngelo Ball, adik kandung pemain bintang Los Angeles Lakers, Lonzo Ball.

Bersama dua rekannya, Cody Riley dan Jalen Hill, Ball diciduk polisi dari hotel tempat tim menginap di Shanghai pada Selasa (7/11/2017). Sekitar 20 personel polisi meggeruduk hotel tempat tim mebginap dalam tur yang disponsori oleh raksasa e-commerce China, Alibaba.

Media ESPN menyebut polisi menginterogasi tim UCLA sebelum menahan ketiga pemain yang dicurigai terlibat.

Hingga Rabu (8/11/2017), nasib ketiga pemain tersebut belum diketahui dan juga belum jelas tuduhan yang dialamatkan kepada mereka.  Tindak pengutilan merupakan kejahatan pidana di China dengan ancaman hukuman penjara selama beberapa tahun.

Pihak UCLA menyebut telah mengetahui penahanan para pemain basket mereka dan akan bekerja sama sepenuhnya dengan otoritas setempat.  Sementara pihak Georgia Tech menyebut tidak ada pemain mereka yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

LiAngelo Ball adalah satu dari tiga bersaudara yang dominan dalam perkembangan bola basket AS beberapa tahun belakangan. Adalah ayah mereka, LaVar Ball, yang secara agresif mempromosikan ketiga putranya sebagai bintang masa depan NBA melalui media sosial.

Putra tertua, Lonzo Ball, bergabung dengan LA Lakers tahun ini setelah satu musim bermain untuk UCLA. Sementara putra bungsu, LaMelo Ball, masih duduk di SMA dan juga diproyeksikan akan menjadi pemain NBA.

Promosi gencar LaVar tentang anak-anaknya melalui media sosial juga kerap menuai kritik di Amerika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.