Kompas.com - 04/03/2016, 11:46 WIB
EditorPipit Puspita Rini
DOHA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, masih punya satu hari tes untuk mendapatkan setelan terbaik di motor dan mengatasi masalah saat keluar dari tikungan.

Marquez belum mendapatkan hasil maksimal pada dua hari tes pramusim terakhir MotoGP 2016 di Sirkuit Losail, Qatar, 2-3 Maret. Dia masih akan turun pada hari terakhir, Jumat (4/3/2016).

Pada hari pertama tes, Marquez mencatat putaran terbaik dalam 1 menit 56,523 detik dan berada di urutan ke-10 daftar pencatat waktu.

Besoknya, dia mampu mempertajam waktunya menjadi 1 menit 56,046  detik. Posisinya naik ke urutan ke-9. Pebalap 23 tahun tersebut sempat terjatuh di tikungan 1 pada awal sesi.

"Kami mendapatkan kemajuan dibanding kemarin (Rabu) dan motor jadi lebih baik. Kami mencoba berkonsentrasi pada sasis, geometri, dan banyak hal lainnya," kata Marquez setelah menyelesaikan tes hari kedua.

Pebalap Spanyol ini mengaku masih sangat kesulitan mendapatkan kecepatan saat keluar dari tikungan. Dia berharap pada hari terakhir tes, masalah tersebut bisa diatasi dan dia bisa mendapatkan cengkeraman yang bagus untuk ban belakang.

"Saat memasuki tikungan, saya merasa percaya diri. Namun, kami kehilangan banyak waktu saat keluar tikungan. Sulit untuk mendapatkan cengkeraman di ban belakang dan mengaturnya," aku juara dunia dua kali di kelas premier tersebut.

"Pada balap sepeda motor, kecepatan saat keluar tikungan sangat penting karena dengan begitu kita bisa mempertahankan kecepatan saat melewati lintasan yang lurus," katanya menambahkan.

Marquez kembali mencoba memacu RCV213V yang dipasangi winglet atau sayap di bagian depan. Namun, dia hanya bisa merasakan sedikit perbedaan dengan penambahan alat tersebut.

"Saya mencobanya pada saat terakhir, hanya empat putaran. Lintasan juga sedikit licin karena kelembapan yang mulai naik. Saya merasakan efek yang kecil, perbedaan yang kecil," ucap Marquez.

"Seperti kalian lihat, sayap itu sangat kecil, jadi sulit untuk melihat efeknya, tetapi ada beberapa hal positif," ujarnya lagi.

Hari ketiga atau terakhir tes akan digelar Jumat (4/3/2016) mulai pukul 16.00 waktu setempat (20.00 WIB) hingga 23.00 (03.00 WIB.)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.