Kompas.com - 08/12/2015, 00:18 WIB
EditorTri Wahono
Kompas TV Ahok: Batalin Saja Asian Games di Jakarta


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyatakan bahwa Asian Games 2018 tetap disiapkan untuk digelar di Indonesia. 

Namun, tidak seperti rencana digelar di dua daerah, ajang kompetisi olahraga akbar se-Asia itu akan dilaksanakan di empat provinsi.

"Asian Games ke-18 nanti tidak hanya dilaksanakan di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan tetapi juga Jawa Barat dan Banten yang menyediakan tempat untuk beberapa cabang olahraga," kata Puan usai memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Sebelumnya, Olympic Council of Asia (OCA) telah menetapkan nama resmi Asian Games 2018 adalah Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Hal tersebut merupakan pertama kalinya nama resmi Asian Games dengan dua kota di dalamnya.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta perwakilan komite dan asosiasi-asosiasi olahraga.

Puan menyatakan, Asian Games 2018 akan sukses dengan melibatkan semua pihak. Ia telah meminta Mensesneg untuk segera menyelesaikan proses administrasi untuk pembangunan infrstruktur. Termasuk wisma atlet yang sempat menjadi polemik antara Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama dengan DPR.

Menurut Puan, persiapan tempat pertandingan dan wisma atlet termasuk renovasi Gelora Bung Karno dan pembangunan wisma atlet Kemayoran dalam tahap persiapan administrasi, baik terkait dengan dokumen perencanaan program dan kegiatan dalam APBN dan APBD, maupun terkait dengan administrasi status hukum dari aset yang akan dibangun.

Sedangkan untuk Inpres yang memuat pembagian tugas dalam penyelenggaraan Asian Games sudah dalam tahap akhir dan sedang menunggu ditetapkannya rancangan utama Asian Games oleh ketua panitia nasional.

Presiden telah memberlakukan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2015, tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Games XVII 2018.

Pemerintah berupaya melibatkan semua pihak termasuk tokoh-tokoh olahraga dan melakukan koordinasi intensif untuk membangun sinergi lintas Kementerian dan Lembaga, termasuk BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) untuk menjamin akuntabilitas pelaksanaan anggaran.(Aubrey Kandelila Fanani)



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X