Kompas.com - 07/09/2013, 16:46 WIB
EditorPipit Puspita Rini
BEIJING KOMPAS.com - Mantan bintang NBA asal Amerika Serikat, Dennis Rodman baru pulang dari kunjungan keduanya ke Korea Utara, Sabtu (7/9/2013). Dia sekali lagi bertemu secara eksklusif dengan pemimpin negara tersebut, Kim Jong Un.

Pebasket flamboyan ini datang setelah Korea Utara dengan tiba-tiba menarik undangannya kepada Robert King, perwakilan Amerika Serikat untuk masalah kemanusiaan di Korut, yang diharapkan akan hadir di Pyongyang untuk membawa pulang Kenneth Bae.

Bae (45 tahun) adalah warga AS kelahiran Korea Selatan yang ditangkap saat memasuki Korut pada November 2012, karena dianggap menentang pemerintahan. Pada 30 April 2013, dia dijatuhi hukuman kerja paksa selama 15 tahun. Kesehatannya diberitakan terus menurun sejak dipenjara.

Rodman sudah pasti datang bukan untuk mengurusi Bae. Dia mengatakan kedatangannya ini merupakan kunjungan "diplomasi" berkaitan dengan bola basket. Dia berangkat dari Beijing, China, menuju Pyongyang, pada Selasa (3/9/2013).

"Bukan pekerjaan saya untuk bertanya tentang Kenneth Bae. Tanyakan pada (Presiden AS, Barrack) Obama tentang itu. Tanya Hillary Clinton. Saya tidak peduli," ungkap Rodman.

Kantor berita Korut, KCNA, melaporkan bahwa Kim dan Rodman beberapa kali menghabiskan waktu bersama. Mereka makan malam bersama dan nonton pertandingan basket. Kim dikabarkan menyambut hangat kedatangan mantan bintang Chicago Bulls tersebut.

Saat kembali dari perjalanan lima harinya di Korut, Rodman menunjukkan fotonya bersama Kim kepada para wartawan di Beijing. Dia juga memberi Kim hadiah minuman vodka, "Bad Boy", yang merupakan produk miliknya.

"Dia adalah teman saya. Saya tidak peduli kalian berpikir apa tentang dia. Saya tidak peduli apa yang orang pikirkan tentang dia," tegas pria yang sering memunculkan kontroversi saat masih aktif jadi pebasket tersebut.

Kim adalah pengemar baket. Tak heran jika dia mudah bergaul dengan Rodman. Pada kunjungan pertama Rodman, Februari lalu, banyak dokumentasi yang memperlihatkan mereka tertawa bersama, minum dan makan bersama, serta menyaksikan bertandingan basket bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.