Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha: Burgess dan Semua Kru Ikut Rossi

Kompas.com - 19/10/2012, 21:27 WIB

SEPANG, Kompas.com - Yamaha memberikan kepastian bahwa kru teknik Valentino Rossi yang dipimpin Jerry Burgess, akan kembali bergabung dengan mereka pada musim depan. Yamaha mengonfirmasi hal itu di Sirkuit Sepang, Malaysia, Jumat (19/10/2012).

Sejak Rossi memutuskan untuk kembali memperkuat Yamaha pada MotoGP musim 2013 dan bersedia memperpanjang kontrak berdurasi dua tahun, muncul pertanyaan mengenai nasib para krunya. Tetapi semua keraguan yang muncul sejak bulan Agustus itu menjadi sirna dengan apa yang diungkapkan Yamaha, bahwa para kru Rossi itu telah menandatangani kontrak selama GP Jepang pekan lalu di Sirkuit Motegi.

Rossi bersama para krunya meninggalkan Yamaha pada akhir musim 2010 untuk pindah ke Ducati. Tetapi selama dua musim di tim Italia tersebut, Rossi dan krunya gagal menyelesaikan misi untuk menjadi juara dunia. Bahkan, sejak bergabung musim 2011, Rossi belum pernah meraih kemenangan - rekor terburuk sepanjang karier Rossi.

Dengan demikian, di akhir musim ini Burgess dan lima kru Rossi sudah bisa bekerja. Mereka akan dilepas oleh Ducati dan mulai bekerja bagi juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut pada dua hari tes usai balapan seri terakhir di Valencia.

Bos Yamaha, Lin Jarvis, mengatakan kepada MCN: "Kami akan membawa pulang semua mekanik, sehingga saya bisa mengonfirmasi bahwa JB (Burgess), Alex (Briggs), Bren (Stephens), Bernie (Ansiau), Gary (Coleman) dan Matteo (Flamigni) akan kembali kepada kami dan mereka akan mulai melakukan pekerjaannya bersama kami dalam uji coba di Valencia."

Jarvis juga mengatakan, Yamaha tak ingin menghalangi sejumlah kru saat ini yang bekerja dengan Ben Spies, jika mereka ingin mengikuti pebalap Amerika tersebut yang pindah ke Pramac Ducati pada musim depan.

"Ini bukan staf Honda yang bergabung dengan Yamaha. Ini adalah orang-orang Yamaha yang pergi ke Ducati. Saya kira, anda menyebutnya sebagai cuti selama dua tahun," ujar Jarvis.

"Kami tidak perlu keberlanjutan karena kru Valentino tahu dengan sangat baik M1 dan mereka tahu Yamaha dan semua sistem kami, sehingga sangat mudah bagi kami untuk mengambil kembali mereka ke garasi kami.

"Saya minta maaf kepada beberapa kru yang harus meninggalkan kami. Kami memiliki sejumlah orang hebat di kru Ben dan beberapa dari mereka saya tahu akan mengikutinya. Saya sangat menyesal kami tidak bisa menjaga mereka, tetapi tren di paddock bahwa seorang pebalap membawa krunya ketika dia pindah."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com