Kompas.com - 02/10/2012, 23:15 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Ajang balap motor MotoGP dan rivalnya, World Superbike Championship, untuk pertama kalinya akan berada di bawah satu penyelenggara. Demikianlah pengumuman yang dikeluarkan pada Selasa (2/10/2012).

Dorna, yang selama ini menangani MotoGP, akan mengambil tanggung jawab pada WSBK. Mereka mengambil kendali yang sebelumnya dipegang oleh Infront Motor Sports. Meskipun demikian, Infront tak akan didepak. Mereka juga akan tetap ambil bagian sebagai partner marketing dan penasehat global untuk kedua kejuaraan tersebut.

Hal ini dilakukan karena dipicu oleh pengelola investasi Bridgepoint, sebagai sebuah cara yang logis untuk memastikan bahwa kedua seri akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan tetap "sehat". Bridgepoint melakukan investasi di Dorna pada 2006 dan Infront pada 2011.

Kedua kejuaraan ini bakal berjalan dengan parameter yang berbeda. MotoGP akan menampilkan motor prototype, sedangkan WSBK menampilkan motor-motor produksi.

Meskipun demikian, dalam beberapa tahun terakhir ini MotoGP mengeluarkan kebijakan untuk memangkas dan memperbaiki daya tarik balapan. Kelas CRT, yang menjadi kategori baru di MotoGP, misalnya, dikembangkan sebagai bagian untuk memecahkan masalah tersebut (biaya dan jumlah motor di lintasan). Kelas baru tersebut dibikin tanpa mengganggu hak eksklusivitas WSBK.

Infront dan Dorna mengatakan, apa yang dilakukan ini merupakan langkah baru untuk memberikan keuntungan kepada kedua seri sehingga "berumur panjang".

"Kami sangat senang memiliki dua seri balapan motor yang top di bawah satu atap," ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta,l seperti dikutip Autosport, Selasa (2/10/2012).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami sepenuhnya berharap mengembangkan dan memperkuat alam yang berbeda dari MotoGP dan WSBK sebagai properti terpisah dan tetap berkomitmen untuk bekerja dengan sejumlah tim dan pabrik, pemilik sirkuit, sponsor dan penyiaran untuk memberikan kepada para fans pengalaman terbaik."

Presiden Infront, Philippe Blatter, menambahkan: "Di bawah struktur baru, dua event balapan motor yang hebat tersebut saat ini berusaha untuk bertumbuh dan berkembang lebih lanjut. Situasi yang benar-benar adil sudah tercipta.

"Baik Dorna dan Infront sekarang bisa semakin kuat dan fokus pada kompetensi mereka, dan selain itu, mencapai posisi terdepan dalam wilayah kekhususan mereka."

Dorna memiliki hak eksklusif untuk komersil dan siaran televisi untuk MotoGP sejak 1992. Sementara itu Infront memperolehnya dari promotor WSBK terdahulu, FGSport, pada Mei 2007.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X