Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etape Pertama, Ujian buat Tim Polygon

Kompas.com - 07/05/2012, 22:09 WIB
Helena Fransisca Nababan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Balap sepeda Jelajah Malaysia 2012 dimulai pada Selasa (8/5/2012). Ujian yang akan dihadapi tim Polygon Sweet Nice pada etape pertama Jelajah Malaysia tidak gampang.

Menempuh etape pertama yang cukup panjang dari Stadium Merdeka, Kuala Lumpur, menuju Banda Baru Kampar, sepanjang 161,5 kilometer, bukan pekerjaan ringan bagi keenam pebalap tim asal Surabaya ini.

Etape yang panjang ini mengharuskan tim Polygon Sweet Nice menghemat tenaga. Masalahnya, sepanjang enam rute yang akan dilalui rata-rata merupakan rute datar dan panjang. Sedangkan satu etape merupakan rute tanjakan, yaitu pada etape keempat, dari Kangar menuju Sungai Petani.

Manajer Tim Polygon Sweet Nice, Harijanto Tjondrokusumo, dalam surat elektronik yang dikirimkan, Senin (7/5/2012), mengungkapkan, ia mengingatkan para pebalap agar menghemat tenaga di etape pertama. "Ini adalah balapan yang kami anggap cukup berat bagi pebalap muda kami," ungkapnya.

Dia menambahkan, tiga etape pembuka merupakan rute yang panjang dan tergolong berat. Wajar bila dia sedikit mencemaskan kondisi pasukannya setelah sebelumnya melakoni balapan Tour of Borneo.

Di lain pihak, pebalapnya tidak mendapat cukup waktu untuk istirahat dari satu balapan ke balapan lainnya. Tidak ada strategi khusus yang diinstruksikan kepada para pebalap. "Masih sama dengan balapan sebelumnya, pada etape flat ini kita mengharapkan semua pebalap finis di rombongan terdepan," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com