Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Akhirnya Juara

Kompas.com - 23/04/2012, 02:31 WIB

Manama, Kompas - Juara dunia F1 tahun 2011, Sebastian Vettel, akhirnya merebut kemenangan pertama pada musim 2012 setelah menjuarai seri Bahrain. Vettel harus berjuang keras mengalahkan Kimi Raikkonen untuk merebut podium pertama dan puncak klasemen bagi dirinya dan tim Red Bull.

Bagi Vettel, tambahan 25 poin dari kemenangan di Sirkuit Internasional Sakhir, Bahrain, Minggu (22/4), ini membuatnya naik dari posisi keempat menjadi yang teratas dengan 53 poin. Pada klasemen untuk konstruktor, tim Red Bull naik dari urutan kedua menjadi yang teratas dengan 101 poin.

Vettel yang start di posisi terdepan langsung memimpin jalannya lomba. Lewis Hamilton membayangi di posisi kedua sampai masuk pit untuk pertama kalinya di putaran kesepuluh.

Buruknya kinerja awak tim McLaren membuat Hamilton terlalu lama di dalam pit. Hamilton langsung turun di urutan kedelapan saat semua pebalap sudah keluar dari pit.

Pertarungan Vettel dengan Raikkonen dimulai di putaran ke-27 sesudah kedua pebalap keluar dari pit yang kedua. Vettel dengan ban lunak memimpin di depan dan dikejar oleh Raikkonen dengan ban medium.

Raikkonen yang semula terpaut sampai 3 detik berhasil menipiskan jarak dan hanya terpaut 0,554 detik. Raikkonen mencoba menyalip Vettel dengan menggunakan sistem pengurang hambatan atau DRS di putaran ke-35 dan ke-36.

Dengan DRS, kecepatan pebalap tim Lotus itu mencapai 317 kilometer per jam dan Vettel tertahan di kecepatan 290 kilometer per jam pada lintasan lurus. Namun, Vettel selalu lebih dulu mencapai ujung tikungan dan gagal disalip Raikkonen.

Vettel terselamatkan di putaran ke-40 saat dirinya dan Raikkonen masuk ke pit secara bersamaan. Awak tim Red Bull bekerja lebih cepat sehingga Vettel kembali menjadi yang terdepan saat keluar dari pit.

Vettel dan Raikkonen menggunakan ban keras karena tidak ingin masuk ke pit lagi sampai finis. Dengan ban yang sama, Vettel mampu melaju lebih cepat dan memperlebar selisih waktu sampai 3,1 detik dari pebalap asal Finlandia itu.

Vettel akhirnya finis terdepan dan diikuti oleh Raikkonen dan rekannya sesama tim Lotus, Romain Grosjean, di posisi kedua dan ketiga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com