Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifat Terus Perbaiki Posisi di Klasemen WRC

Kompas.com - 01/04/2012, 22:37 WIB
Emilius Caesar Alexey

Penulis

ALMODOVAR, KOMPAS.com- Meskipun terus diadang oleh berbagai gangguan teknis, pereli Indonesia Rifat Sungkar mampu memperbaiki penampilan di hari keempat  Rally de Portugal, yang menjadi seri ketiga WRC, Minggu (1/4/2012) di kawasan Almodovar. Sempat memburuk di etape khusus 14 sampai 16, Rifat mampu bangkit di di etape berikutnya.

Setelah dihambat oleh cuaca buruk dan beberapa gangguan teknis sampai etape 13, Rifat  melaju dengan ban dan rem yang tidak prima di etape khusus ke-14. Rifat dan navigator Scott Beckwith dari Fastron World Rally Team mengalami pecah ban dan membuat mereka kehilangan  waktu untuk mengganti ban.

Di etape ke-15, kesialan masih melingkupi Rifat. Mobil Subaru yang dikendarainya mengalami kerusakan di bagian peredam kejut dan drive shaft.

Rifat sempat terhenti pada 1,4 kilometer menjelang finis tetapi akhirnya berhasil masuk finis di urutan ke-32 dari 36 peserta. Sebanyak 13 peserta keluar dari reli ini karena berbagai sebab.

"Reli kali ini sangat berat karena banyak masalah yang terus bermunculan menghambat kami. Namun, saya bertekad untuk dapat menyelesaikan reli dan menempuh semua etape, appaun hasilnya. Reli ini adalah yang pertama di ajang WRC bagi saya sehingga saya jadikan ajang pembelajaran," kata Rifat.

Meskipun kondisinya belum diperbaiki dengan sempurna, Rifat kembali melaju di etape ke-16 di daerah Loule. Kali ini perjalaan berlangsung lebih mulus dan Rifat finis di posisi ke-31 dan membuat posisinya di klasemen naik, dari urutan buncit ke urutan ke-34.

Kondisi yang lebih baik dinikmati oleh Rifat pada etape ke-17 di daerah Silves sejauh 21,42 kilometer. Mobilnya hampir tidak mengalami gangguan berarti sehingga pereli berusia 33 tahun ini mampu mencapai kecepatan yang tinggi. Rifat akhirnya mampu finis di urutan ke-24. Di klasemen sementara, posisi Rifat naik ke urutan ke-33.

Perlahan tetapi pasti Rifat memperbaiki penampilannya. Di etape ke-18 di daerah Santana de Serra sepanjang 31,04 kilometer, Rifat  finis di urutan ke-23. Hasil ini membuatnya naik ke urutan ke-32 di klasemen sementara.

Hasil terbaik dicapai Rifat pada etape khusus ke-19 di daerah Sambro sepanjang 5,08 kilometer. Rifat dengan kelihaiannya mampu menembus 20 besar dengan dinis di urutan ke-18. Posisinya di klasemen naik menjadi urutan ke-31.

Pada etape khusus ke-20, Rifat juga tampil prima dan finis di urutan ke-21. Hasil ini belum mengubah posisinya di klasemen pada urutan ke-31.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com