Muller Tercepat di Race 1

Kompas.com - 10/07/2011, 02:41 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

NORTHAMPTON, KOMPAS.com - Pebalap asal Swiss Nico Muller menjadi peserta tercepat dalam lomba Seri GP3 di Sirkuit, Silverstone, Northampton, Inggris, Sabtu (9/7/2011) sore waktu setempat.

Pebalap dari tim Tim Jenzer Motosport ini menyelesaikan 14 lap dengan catatan waktu
30 menit 40,239 detik. Sedangkan Pebalap Indonesia Rio Haryanto mampu mencapai garis finis pada urutan ke-11, setelah start pada posisi 17.

Cuaca yang tidak stabil, hujan-cerah-hujan, mengharuskan pebalap tepat memilih ban yang dipakai. Belakangan cuaca di sekitar Silverstone sulit diprediksi.

Sebanyak 19 pebalap mengganti ban pada saat balapan akang berlangsung. Hanya ada sebelas pebalap yang tetap berada di grid lintasan. Situasi ini membuat persiapan menyetel mobil menjadi terbatas.

"Saya sendiri dari awal menyetel mobil untuk lintasan kering. Namun, setelah mencoba lintasan, saya memutuskan mengganti ban basah. Sebab mendung sudah tebal di atas area sirkuit," kata Rio Haryanto.

Perkiraan Rio tepat, namun terlambat karena berlangsung sesaat menjelang balapan dimulai. Hal yang sama terjadi pada 19 pebalap lain.

Akibatnya pada saat balapan berlangsung, beberapa pebalap selip keluar lintasan. Sebagian bertabrakan hingga cidera.

"Keputusan mengganti ban seperti berjudi dengan cuaca. Tidak ada yang bisa memastikan apa yang terjadi dengan cuaca berikutnya," kata Manajer Teknis Rio, Piers Hunniset usai balapan. (Andy Riza Hidayat, dari Inggris)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X