Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadal Singkirkan Federer di Semifinal

Kompas.com - 07/05/2011, 23:50 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Rafael Nadal melangkah ke final Madrid Masters, Sabtu (7/5/2011). Di semifinal, petenis Spanyol yang merupakan unggulan utama tersebut menaklukkan rivalnya asal Swiss, Roger Federer, dengan rubber set 5-7, 6-1, 6-3.

Hasil ini mendekatkan Nadal untuk meraih gelar ketiganya di arena lapangan tanah liat dalam kurun waktu satu bulan, setelah menjuarai turnamen Monte Carlo Masters dan Barcelona Terbuka pada April lalu. Di final event yang menjadi pemanasan menjelang Grand Slam Perancis Terbuka akhir bulan ini, Nadal akan bertemu pemenang antara unggulan kedua Novak Djokovic dan pemain Brasil, Thomaz Bellucci.

Federer, yang merupakan unggulan ketiga, tampil menawan di set pertama. Meskipun sempat tertinggal karena Nadal melakukan break di game ketiga, mantan pemain nomor satu dunia ini bisa bangkit dan bahkan memenanginya dengan skor 7-5. Namun, di dua set selanjutnya, Federer tak mampu membendung Nadal, yang memang sangat dominan di lapangan tanah liat. Alhasil, "King of Clay"—julukan Nadal—berhasil menang mudah 6-1, 6-3.

Kemenangan dalam duel berdurasi 2 jam 36 menit ini membuat Nadal semakin memperbesar jumlah kemenangannya atas Federer. Kini, peraih sembilan gelar grand slam tersebut unggul 16-8 atas Federer, yang sudah mengoleksi 16 gelar grand slam.

Kini, Nadal mempertahankan asa untuk meraih gelar keduanya secara beruntun di Madrid Masters, setelah tahun lalu menaklukkan Federer di final. Pada tahun 2009, dua petenis ini juga bertemu di final Madrid Masters, di mana Federer yang menjadi pemenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com