Pebalap Jepang Juara Etape, Iran Dominan

Kompas.com - 24/03/2011, 18:36 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Agaknya Tour de Taiwan 2011 menjadi ajang dominasi pebalap Iran. Meski pemenang etape berubah, tetapi tim dan pebalap asal Iran, Tabriz Petrochemical Team (TPT), tetap mampu bercokol di puncak klasemen.

Seperti yang terjadi di etape lima, Kamis (24/3/2011). Terdorong ingin memberikan penghiburan bagi duka atas gempa yang dialami negerinya, pebalap Jepang Fukushima Shinichi dari tim nasional Jepang menunjukkan keunggulannya. Ia melahap etape sejauh 111,22 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam 53 menit 52 detik. Meski Shinichi mencatatkan diri sebagai pemenang etape, tetapi Markus Eibegger dari TPT tetap menjadi pemegang jaket kuning klasemen umum.

Atas kemenangannya itu, Shinichi merasa amat bangga. Ia tidak saja mampu memberikan penghiburan bagi warga Jepang, tetapi juga karena ia mampu unggul 1 menit 26 detik atas pebalap Korea, Park Sung Baek, yang tergusur dari posisi satu ke posisi 19 di nomor jalan raya saat Asian Games 2010 di Guangzhou, November 2010 lalu. Park Sung Baek mencatatkan waktu 2 jam 55 menit 18 detik di etape lima dan menghuni posisi dua etape.

"Sebetulnya saya merasa tidak terlalu bagus sejak hari pertama lomba. Tapi, pagi ini saya merasa lebih baik," ujar Shinichi, yang juga pernah menjuarai Tour of Japan 2004.

"Di lomba ini saya ingin memberikan sesuatu yang istimewa bagi Jepang dan korban tsunami. Dengan kemenangan ini, semoga bisa menginspirasi Jepang segera pulih. Saya senang bisa memenangi etape," imbuh Shinichi.  

Selain memenangi etape, Shinichi juga merebut dua nomor tanjakan yang dilombakan, yaitu di jembatan Zhongxing Mountain dan di taman metropolitan Taichung. Namun, karena poin yang direbut masih kalah dari pebalap TPT Mehdi Sohrabi, jaket merah sebagai tanda raja tanjakan masih dipegang Mehdi.

Dengan keberhasilan Mehdi itu, ia sekaligus memperpendek gap waktu di klasemen umum. Ia kini hanya terpaut 2 detik dari pemuncak klasemen, Markus Eibegger, yang juga rekan setimnya.

Di klasemen umum, Eibegger mencatatkan waktu 14 jam 27 menit 18 detik. Sementara Mehdi 14 jam 27 menit 20 detik.

Secara keseluruhan, masih ada beberapa etape lagi yang akan digelar. Etape enam, Jumat (25/3/2011), akan berlangsung di wilayah Changhua County sejauh 136 kilometer dan melombakan dua nomor tanjakan dan tiga nomor sprint.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X