Pelatnas Balap Sepeda Mulai 1 Februari

Kompas.com - 25/01/2011, 23:05 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menargetkan pemusatan pelatihan nasional balap sepeda untuk SEA Games XXVI/2011 bisa segera dimulai pada 1 Februari 2011. Sebanyak 88 atlet balap sepeda akan dipanggil untuk mengikuti pelatihan.

Pelatih Kepala Timnas Balap Sepeda PB ISSI Wahyudi Hidayat, Selasa (25/1/2011), mengatakan, dari pebalap sebanyak 88 orang itu nantinya akan dikerucutkan hingga menjadi 47 pebalap saja. Mereka akan turun di nomor track, MTB, BMX, dan road.

Wahyudi menargetkan pelatnas bisa dimulai per 1 Februari karena masih menunggu semua pebalap menjalani tes fisik dan menunggu KONI Pusat menerbitkan Surat Keputusan (SK) pemanggilan bagi para atlet. Saat ini, dari 88 pebalap, sebanyak 42 pebalap di antaranya sudah menjalani tes fisik.

Mereka sudah menjalani tes fisik pada Agustus-September 2010 di sejumlah tempat yang ditunjuk, yaitu di Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan Kesehatan Olahraga Nasional (PPIT KON) Kemenpora, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan IKIP Kalimantan Timur.

"Saat ini kami menunggu 46 pebalap lainnya menyelesaikan tes fisik. Dalam minggu ini diharapkan semuanya selesai," ujar Wahyudi.

Untuk bisa membentuk tim inti SEA Games yang diperkuat 47 pebalap, PB ISSI akan melakukan evaluasi dan seleksi dua kali, yang dilakukan setiap tiga bulan sekali sejak dimulainya pelatnas. Seleksi pertama akan mengurangi 20 pebalap dan seleksi kedua akan mengurangi 21 pebalap.

Untuk lokasi pelatnas, PB ISSI menentukan pebalap nomor road atau jalan raya akan melakukan persiapan umum di Cimahi, kemudian berlatih secara intensif di Subang. Untuk nomor track, para pebalap menjalani persiapan umum di Subang dan persiapan khusus di velodrom Rawamangun, Jakarta. Untuk pebalap BMX dan MTB, pelatihan akan digelar di Sentul, Bogor.

Wahyudi menambahkan, untuk mendukung pelatnas balap sepeda, sejumlah pelatih sudah ditetapkan. "Sebanyak 18 pelatih akan menangani timnas balap sepeda SEA Games," ujar Wahyudi.

Menurut Wahyudi, meski saat ini pelatnas belum berjalan, tetapi 42 pebalap yang sudah menjalani tes fisik sudah melakukan latihan sendiri di daerah.

"Untuk mendapatkan prestasi, latihan harus dilakukan lama dan teratur. Memang kendala yang dihadapi adalah pendanaan, tetapi latihan harus dilakukan sesuai program," ujar Wahyudi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X