Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Federer Bangkit, Lolos ke Perempat Final

Kompas.com - 01/06/2009, 21:28 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Roger Federer lolos dari kondisi kritis saat bertarung di babak 16 besar Perancis Terbuka, Senin (1/6). Sempat tertinggal 0-2, pemain nomor dua dunia tersebut bisa bangkit dan menyapu bersih tiga set selanjutnya untuk menaklukkan petenis Jerman, Tommy Haas, dengan skor 6-7(4/7) 5-7 6-4 6-0 6-2, sehingga maju ke babak perempat final.

Selanjutnya, pemain Swiss ini akan bertemu dengan pemenang duel antara petenis Amerika Serikat Andy Roddick vs petenis tuan rumah Gael Monfils. Mereka akan memperebutkan tiket menuju semifinal.

Memang, Federer sempat membuat para pendukungnya khawatir dalam laga yang menghabiskan waktu 3 jam 7 menit itu. Pasalnya, di dua set awal dia seperti kesulitan mengalahkan kegigihan Haas.

Tak heran jika setelah memastikan diri jadi pemenang, Federer berteriak histeris. Ini adalah ungkapan kegembiraannya setelah melewati pertandingan yang menengangkan tersebut.

Di set pertama, baik Haas maupun Federer tak pernah kehilangan poin saat memegang servis, sehingga pemenangnya ditentukan lewat tiebreak. Dalam kesempatan ini, Haas berhasil memanfaatkan kegagalan Federer ketika memegang servis sehingga dia yang menjadi pemenang.

Pada game kedua, Federer sempat memimpin ketika melakukan break di game ketiga untuk memimpin 2-1. Setelah itu, petenis berusia 27 tahun tersebut mampu mempertahankan keunggulan sampai kedudukan 4-3. Tetapi ketika memegang servis, peraih 13 gelar grand slam ini gagal menambah angka karena Haas bisa melakukan break untuk menyamakan skor menjadi 4-4, dan hal serupa dilakukannya lagi pada game 12 untuk menang 7-5.

Unggul 2-0, Haas tampaknya semakin percaya diri bisa menyisihkan Federer karena dia hanya butuh satu set kemenangan lagi untuk menatap babak delapan besar. Asa petenis yang tidak diunggulkan tersebut kian mendekati kenyataan ketika sempat unggul 4-3.

Sayang, dia gagal memanfaatkan peluang untuk menambah keunggulan ketika memegang servis, karena Federer justru yang menuai angka untuk menyamakan kedudukan. Inilah titik balik penampilan mantan pemain nomor satu dunia tersebut, karena dia menyapu bersih semua game tersisa dan berlanjut ke set keempat.

Pada set kelima yang menjadi penentu, Federer tetap menunjukkan penampilan impresif dan hanya memberikan Haas dua poin setelah melakukan break di game lima dan tujuh. Alhasil, peraih trofi Madrid Terbuka sepekan sebelum dimulainya Perancis Terbuka ini menang 6-2.

"Tommy bermain sangat bagus, sehingga saya sangat kesulitan meladeninya," ungkap Federer yang sedang mengincar gelar pertama di Roland Garros.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com