Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayu Fani Damayanti Tumbangkan Pemain Jepang

Kompas.com - 03/05/2009, 14:37 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Meski menahan sakit di kaki kiri pada set pertama saat kedudukan 4-1, petenis tunggal putri Indonesia, Ayu Fani Damayanti, berhasil menumbangkan lawannya dari Jepang, Erika Sema, pada pertandingan final kejuaraan Bankaltim Open 2009 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (3/5). Ayu Fani menghabisi lawannya dengan skor 7-5 dan 6-3.

Kemenangan yang diraih putri kelahiran Denpasar, Bali, tahun 1988,0 ini cukup menegangkan karena karena pada awal set pertama, Ayu Fani dengan mudah memimpin pertandingan hingga kedudukan 4-1. Namun, Erika Sema sendiri terus berusaha mengejar ketertinggalannya.

Permainan Ayu Fani justru menurun karena kaki kirinya mengalami cedera di bagian jempol. Ia sempat beberapa kali berjalan kesakitan. Kondisi itu dimanfaatkan Sema untuk menyamakan kedudukan 5-5. Namun, dengan permainan yang cukup tenang, Ayu Fani berhasil mengatasi permainan Sema. Set ini dimenangi Ayu Fani dengan kedudukan 7-5.

Sementara itu, pada set kedua, pada kedudukan 5-3 Ayu Fani juga sempat meminta perawatan kakinya kepada tim medis di kejuaraan yang menjadi program International Tennes Federation (ITF) Womens Circuit itu. Ayu Fani akhirnya bisa memenangi pertandingan tersebut setelah Sema beberapa kali melakukan kesalahan sendiri, yakni tidak bisa mengembalikan bola dengan baik. Set kedua ini dimenangi dengan skor 6-3.

Seusai pertandingan, Ayu Fani sempat mengejutkan para penonton di lapangan utama Balikpapan Tenis Stadion karena terbaring di pinggir lapangan akibat menahan kaki kirinya yang sakit.

"Pada saat pertandingan, yang sakit itu jempol dan engkel kaki kiri. Setelah pertandingan, sakitnya hingga ke bagian lutut. Kemenangan ini benar-benar keberuntungan buat saya," katanya. Dengan kemenangan ini, Ayu Fani Damayanti berhak mendapat hadiah sebesar 2.940 dollar AS.

Ia mengatakan, kemenangan ini dipersembahkan untuk pelatih, Suzanna Anggarkusuma, yang telah melatihnya dalam rangka menghadapi pertandingan ini. Sementara itu, Erika Sema memuji permainan Ayu Fani yang begitu baik meski dalam kondisi kaki cedera.

Sebagian besar dari sekitar 57 tujuh petenis putri dari sekitar 17 negara selanjutnya berangkat ke Tarakan, Kalimantan Timur. Mereka akan mengikuti kejuaraan Wali Kota Tarakan Open 2009 yang berhadiah total 10.000 dollar AS.

"Di kejuaraan ini pertandingan lebih berat karena beberapa petenis luar negeri yang absen di Bankaltim Open 2009 justru ikut bermain. Saya akan berusaha lebih baik," kata Ayu Fani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com