Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekap Final Kejuaraan Asia 2019, Indonesia Tanpa Gelar, Jepang Juara Umum

Dari lima pertandingan dan 20 pemain, satu pasangan di antaranya merupakan wakil Merah Putih. Mereka ialah pasangan ganda putra peringkat satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang berhadapan dengan wakil Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Sementara 19 pemain lainnya didominasi oleh wakil asal China dan Jepang. China mengirimkan lima wakil, dua di antaranya berhasil menciptakan all China finals pada nomor ganda campuran. Sedangkan Jepang mengirimkan empat wakil.

Tiga pertandingan pada babak final Kejuaraan Asia 2019 menyajikan laga antara China dengan Jepang yakni pada nomor ganda putri, tunggal putri dan tunggal putra.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menjadi harapan Indonesia gagal meraih gelar juara. Pasangan dengan julukan The Minions tersebut harus menyerah dari Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dua gim langsung 18-21, 3-21.

Berikut rangkuman final Kejuaraan Asia 2019

1. Dominasi China

Pada babak final Kejuaraan Asia 2019, China mengirimkan lima wakil yang tersebar di empat nomor yakni ganda campuran, ganda putri, tunggal putri, dan tunggal putra. Untuk nomor ganda campuran, China berhasil menciptakan all-China finals.

Pasangan ganda campuran unggulan kedua Wang Yilyu/Huang Dongping keluar sebagai juara Asia 2019, mengulangi keberhasilan mereka pada tahun 2018. Wang/Huang menang rubber game atas rekan senegaranya He Jiting/Du Yue.

Dari nomor ganda putri, China mengirimkan Chen Qingchen/Jia Yifan yang berhadapan dengan Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara (Jepang). Juara All England 2019 tersebut juga berhasil menjadi juara setelah mengalahkan pasangan Jepang melalui pertandingan rubber game.

Sedangkan pada nomor tunggal putri dan tunggal putra, final Kejuaraan Asia 2019 menyajikan laga antar dua negara yakni China dan Jepang. Tunggal putri China unggulan kelima He Bingjao berhadapan dengan unggulan ketiga asal Jepang Akane Yamaguchi.

Pertandingan di nomor tunggal putra menyajikan final ideal antara unggulan pertama Kento Momota (Jepang) melawan wakil tuan rumah unggulan kedua Shi Yuqi.

2. Jepang Juara Umum

Meski China mendominasi jumlah pemain di babak final Kejuaraan Asia 2019, Negeri Tirai Bambu tersebut gagal menjadi juara umum pada turnamen individu ini.

China meraih dua gelar juara Asia 2019 melalui Wang Yilyu/Huang Dongpin (ganda campuran) dan Chen Qingchen/Jia Yifan (ganda putri).

Sementara itu, Jepang menjadi juara umum setelah Akane Yamaguchi (tunggal putri), Kento Momota (tunggal putra) dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (ganda putra) menjadi juara pada Kejuaraan Asia 2019.

3. Medali Perunggu Della/Rizki

Ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta menjadi satu-satunya ganda putri Indonesia yang meraih medali perunggu Kejuaraan Asia 2019 dua tahun berturut-turut.

Pada tahun 2018, Della/Rizki gagal melaju ke final dan meraih medali perunggu setelah kalah dari Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang).

Pada babak semifinal Kejuaraa Asia 2019, Della/Rizki dikalahkan oleh Chen Qingchen/Jia Yifan yang merupakan peraih gelar juara Asia 2019 di nomor ganda putri.

Duet Della Destiara Hariz/Rizki Amelia Pradipta akan kembali melanjutkan perjuangan di New Zealand Open 2019 pada 30 April.

4. Indonesia Tanpa Gelar Juara

Setelah Malaysia Open dan Singapore Open, Indonesia juga gagal meraih gelar juara pada Kejuaraan Asia 2019. Dari 20 wakil Indonesia yang mengikuti Kejuaraan Asia 2019, Indonesia hanya berhasil mengirimkan satu wakil ke babak final. 

Wakil satu-satunya Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal mempersembahkan gelar juara untuk Indonesia.

Marcus/Kevin kalah dua gim langsung 18-21, 3-21 dari Hiroyuki Endo/Yuta Watanabae (Jepang).

Rangkuman pertandingan final Kejuaraan Asia 2019

XD Wang Yilyu/Huang Dongping (CHN) vs He Jiting/Du Yue (CHN) 21-11, 13-21, 23-21

WD Chen Qingchen/Jia Yifan (CHN) vs Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara (JPN) 19-21, 21-14, 21-19

WS Akane Yamaguchi (JPN) vs He Bingjiao (CHN) 21-19, 21-9

MS Kento Momota (JPN) vs Shi Yuqi (CHN) 12-21, 21-18, 21-8

MD Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (JPN) vs Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo 21-18, 21-3

https://olahraga.kompas.com/read/2019/04/28/20163678/rekap-final-kejuaraan-asia-2019-indonesia-tanpa-gelar-jepang-juara-umum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke