Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Juara Olimpiade Terkena Kanker Testis


LOS ANGELES, Kompas.com - Peraih lima medali emas cabang renang Olimpiade, Nathan Adrian menyebut dirinya terkena kanker testis dan akan menjalani operasi pekan depan.

Adrian, 30 melalui akun Instagram mengumumkan dirinya tengah menjalani pemeriksaan di rumah sakit.  Namun ia juga meyakinkan para penggemarnya bahwa ia tetap akan berusaha untuk ikut Olimpiade Tpyo 2012 yang akan menajdi olimpiadenya yang keempat.

"Hidup itu seperti kita berlomba 100 meteer gaya bebas. Anda dapat  berlomba secepat dan sekuat mungkin namun juga dapat memabwa anda tenggelam," kata Adrian. Pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Adrian menjadi anggota tim estafet AS bersama Michael Phelps dan mempersembahkan dua medali emas.

Adrian juga meraih dua medali emas pada Olimpiade London 2012 serta satu lagi pada Olimpiade Beijing 2008. Ia juga merebut 1 medali perak dan dua perunggu Olimpiade, termasuk nomor 50 dan 100 meter gaya bebas di Olmpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.

Semenetara pada ajang kejuaraan dunia, ia memiliki delapan medali emas, 3 perak dan 2 perunggu.

"Saya datang ke dokter karena merasa ada yang tidak beres. Setelah menjalani beberapa tes dan menemui dokter spesialis, saya tahu bahwa saya terkena kanker testis," kata Adrian.

"Untung saja saya menemukannya pada tahan dini. Jadi sekarang saya sudah mulai menjalani penyembuhan dan hasilnya cukup baik.  Saya akan mulai berlatih lagi dalam beberapa pekan  dengan target sepenuhnya untuk persiapan Olimpiade Tokyo 2020,' katanya.

https://olahraga.kompas.com/read/2019/01/25/23264358/juara-olimpiade-terkena-kanker-testis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke