Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serangan Hiu Batalkan Kejuaraan Selancar

PERTH, Kompas.com - Penyelenggaraan kejuaraan selancar internasional di Australia terpaksa dibatalkan setelah terjadinya dua persitiwa  serangan hiu di perairan sekitarnya.

Para peselancar pro dunia telah berdatangan untuk mengikuti kejuaraan Margaret River Pro yang akan berlangsung selama 12 hari.  Kejuaraan ini merupakan  bagian dari  Tur Liga Selancar Dunia dan  berlangsung sejak 11 April lalu.

Kejuaraan kemudian ditunda sejak Senin (16/04/2018) setelah seorang peselancar lokal mengalami luka pada kakinya akibat serangan hiu di dekat Gracetown yang terletak 260 kilometer dari ibukota Australia Barat, Perth.

Peselancar kedua yang disebut berasal dari Denmark, juga mengalami luka pada kaki di lokasi yang sama.

"Hari ini, WSL (Liga selancar dunia) terpaksa mengambil keputusan yang sulit untuk membatalkan kelanjutan Margaret River Pro, sebagai akibat dari adanya serangan hiu kepada para peserta lomba," kata ketua WSL, Sophie Goldschmidt dalam pernyataan tertulis.

"Pihak WSL menempatkan keamanan di atas segalanya. Tidak hanya diperbincangkan dan tidak ada kompromi," lanjutnya.

Menurut Goldschmidt, ada pihak yang menganggap serangan hiu sebagai bagian dari tantangan turnamen. Namun ada yang menganggap hal ini merupakan hal yang luar biasa dan dan berbahaya.

Wakil Goldschmidt, Italo Ferriera dari Brasil mengaku adanya ketakutan saat berada di dalam air, melalui akun Instagram-nya ia menulis merasa tidak nyaman saat berlatih dan berlomba di area sekitar terjadinya serangan.

Hal serupa dikatakan rekan senegaranya, Gabriel Medina. Juara dunia WSL 2014 ini mengaku merasa tidak aman berlomba di area tersebut.

Pihak berwenang menyebut memang ada pergerakan serombongan ikan paus di sekitar pantai yang mungkin menarik perhatian para hiu pemangsa. Namun rombongan tersebut sudah bergerak meninggalkan area pada Selasa (17/04/2018).

Tiga tahun lalu, peselancar legendaris asal Australia, Mick Fanning juga bersaksi bahwa ia pernah mendapat serangan hiu saat berkompetisi di ajang J-Bay Open di Afrika Selatan. Saat itu Fanning tidak mengalami cedera, namun kejuaraan terpaksa dihentikan.

Para ahli menyebut serangan hiu meningkat seiring meningkatnhya popularitas olahraga selancar.

https://olahraga.kompas.com/read/2018/04/18/09365788/serangan-hiu-batalkan-kejuaraan-selancar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke