Salin Artikel

LIMA Badminton Digulir di GOR Unair

SURABAYA, Kompas.com -Liga Mahasiswa (LIMA) Badminton Season 6 telah bergulir di dua kota, yakni Jakarta dan Bandung. Kali ini, LIMA Badminton menyambangi Surabaya dalam perhelatan LIMA Badminton: McDonald’s East Java Conference (EJC) Surabaya Subconference 2018.

Sejak pergelaran LIMA Badminton Season 1, untuk region Jawa Timur (EJC), LIMA menggelar LIMA Badminton di dua subregion, Surabaya dan Malang. Tahun ini merupakan tahun keenam Surabaya sebagai tuan rumah pergelaran LIMA Badminton: McDonald’s EJC Surabaya Subconference.

Universitas Airlangga (Unair) menjadi tempat pelaksanaan LIMA Badminton: McDonald’s EJC Surabaya Subconference 2018. Pergelaran ini berlangsung pada 20-26 Maret 2018 di GOR Unair Kampus C, Surabaya. LIMA Badminton akan mempertandingkan kategori beregu dan juga perseorangan. Kategori beregu akan digelar pada 20-24 Maret 2018, sedangkan untuk kategori perseorangan akan dihelat pada 25-26 Maret 2018.

Untuk kategori beregu, enam tim putra dan tiga tim putri akan bertanding di nomor tunggal, ganda, dan tripel. Enam tim putra yang akan bertanding yaitu Universitas Airlangga (Unair), Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Ciputra (Ciputra), Universitas Hang Tuah, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), dan Universitas Udayana (Udayana). Untuk beregu putri, Ubaya, Unair, dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) turut ikut di LIMA Badminton: McDonald’s EJC Surabaya Subconference 2018. Kategori beregu ini akan digelar pada 20-24 Maret 2018.

Tak hanya beregu, kategori perseorangan juga akan disajikan. Kategori perseorangan ini diikuti oleh empat perguruan tinggi, yaitu Unair, Uinsa, Unitomo, dan Ciputra. Di nomor tunggal putra, Ciputra mengirimkan dua wakil, Uinsa menurunkan satu wakil, tiga wakil dari Unair, dan satu wakil dari Unitomo.

Nomor tunggal putri akan diikuti oleh tiga wakil asal Uinsa, satu wakil dari Ciputra, dan sang tuan rumah menurunkan empat wakil tunggal putri. Untuk nomor ganda campuran, Ciputra menurunkan satu pasang, Uinsa mengirimkan dua pasang, dan lima pasang asal Unair turut dimainkan.

Sebelum memulai kompetisi ini, panitia pengarah LIMA, Azwar Muhlis, panitia pelaksana pertandingan, yang dihadiri oleh perwakilan PBSI, Syaiful Arif dan Nanang Rofik, serta perwakilan dari tujuh kampus peserta berkumpul untuk memenuhi agenda technical meeting (TM). TM digelar di Aula Kahuripan Unair Lantai 3, pada Senin (19/3/2018).

Saat TC itu, Azwar Muhlis, selaku manajer kompetisi dan pertandingan LIMA, memaparkan beberapa peraturan kompetisi yang harus dipatuhi seluruh peserta LIMA Badminton: McDonald’s EJC Surabaya Subconference 2018, tak terkecuali untuk jajaran ofisial dan juga pelatih. Azwar juga menjelaskan mengenai nilai koefisien dari tiap perguruan tinggi dan juga koefisien conference untuk region Jawa Timur dalam kesempatan TM ini.

“Koefisien conference dari EJC Surabaya Subconference untuk tim putra berada di peringkat ketiga, sedangkan tim putri ada di peringkat keempat. Kuota ke fase nationals EJC Surabaya Subconference yaitu dua tim untuk putra dan satu tim untuk putri, serta dua wakil dari masing-masing nomor perseorangan, yaitu tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran,” jelas Azwar.

Keenam tim putra telah tergabung dalam satu pul, yaitu pul A. Mereka akan bertanding dengan sistem setengah kompetisi. Untuk tim putri, yang terdiri dari tiga tim, akan bertanding dalam satu pul, yaitu pul X. Sistem kompetisi untuk tim putri berbeda dengan tim putra. Ketiga tim putri tersebut akan bertanding dengan sistem kompetisi penuh. Berikut ini pembagian pul LIMA Badminton: McDonald’s EJC Surabaya Subconference 2018.

Berikut pembagian grup LIMA EJC 2018
Putra
Pul A: Universitas Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Hang Tuah, Universitas Udayana, Universitas Dr. Soetomo, Universitas Ciputra

Putri
Pul X: Universitas Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya


https://olahraga.kompas.com/read/2018/03/20/21054571/lima-badminton-digulir-di-gor-unair

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.