Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Atlet Putera Dapat Ikut Berlomba

BUDAPEST, Kompas.com -  Federasi renang internasional (FINA) memutuskan tetap menggunakan istilah "renang artistik" utuk mengganti "renang sinkronisasi," meski ada protes dari negara anggota.

Kongres FINA pekan lalu di Budapest memutuskan menggunakan istilah "renang artistik" unuk membuat cabang ini lebih menarik perhatian, termasuk juga lomba untuk kelompok putera.

"Isu (perubahan nama) ini muncul dari media dan juga dari Komite Olimpik Internasioanl (IOC) untuk memberi kesan cabang ini bukan melulu menekankan pada sinkronisasi, namun juga sebagai olahraga yang indah," kata ketua eksektutif FINA, Cornel Marculescu.

Protes datang dari netizen penggemar cabang ini serta dari wakil Perdana Menteri Rusia, negara yang dominan dalam cabang renang artistik.

"Kami memiliki hak untuk tetap menggunakan istilah renang sinkronisasi. Jika federasi renang Rusia menginginkan itu, kami tetap menggunakan itu," kata mantan Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko.

"Buat apa perubahan (nama) itu? Apalagi tidak diikuti dengan perubahan peraturan olahraga ini," lanjut Mutko.

Marculescu mengaku memang tidak ada perubahan peraturan dalam olahraga ini. "Yang berubah hanyalah nama. Saya memahami komentar Tuan Mutko. Tapi tak masalah, karena kami bicara tentang olahraga yang sama."

Sementara petisi penolakan perubahan nama ini ditandatangani 9000 netizen. Mereka antara lain menyebut perubahan nama merupakan tindakan tidak menghargai atlet. "Karena olahraga ini mengandung unsur atletism, kekuatan, tenaga, keseimbangan dan daya tahan," tulis mereka.

"FINA melakukan perubahan nama ini hanya agar olahraga ini bisa masuk di kejuaraan dunia. Agar dapat dipertandingkan di kelompok putera."

https://olahraga.kompas.com/read/2017/07/27/16125401/agar-atlet-putera-dapat-ikut-berlomba

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke