Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Campos Racing Kembali Incar Poin pada GP2 Inggris

Kompas.com - 07/07/2016, 15:48 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Tim Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia siap melanjutkan tren positif saat turun pada seri kelima GP2 Series 2016 di Sirkuit Silversone, Inggris, 8-10 Juli.

Tim yang diperkuat Muhammad Sean Gelael (Indonesia) dan Mitch Evans (Selandia Baru) ini selalu sukses mendulang poin sejak menjalani seri kedua di Monaco, akhir Mei.

"Kami berharap bisa mempertahankan tren positif yang telah kami capai dan bahkan kami tingkatkan lagi," kata Direktur Teknik Tim Pertamina Campos Racing Philippe Gautheron.

GP Inggris hadir hanya dua hari setelah umat Islam merayakan Idul Fitri. Di tengah persiapan balapan, Sean masih menyempatkan diri merayakan lebaran bersama keluarga, teman, dan pebalap Indonesia lainnya yang berlaga di Formula 1, Rio Haryanto.

Bagi Sean, momen hari kemenangan ini kian menambah motivasinya. Apalagi, Sean juga sangat hafal dan menyukai karakter Sirkuit Silverstone.

Musim lalu saat tampil di ajang balap World Series Renault 3.5, Sean bisa mendulang poin dengan finis di posisi ke-10. Keberhasilannya meraih poin di sirkuit legendaris ini melanjutkan tradisi saat dia turun pada Formula 3 Eropa.

"Balapan di Silverstone cukup menantang karena selain sirkuitnya legendaris, semua tim juga dihadapkan persiapan yang sangat singkat setelah menyelesaikan balapan di Red Bull Ring (Austria), akhir pekan lalu," kata Gautheron.

Pertamina Campos Racing memulai musim 2016 dengan perjuangan keras. Pada seri perdana di Barcelona, mereka tidak bisa mendulang poin karena belum mendapatkan setelan mobil yang benar-benar kompetitif.

Hasil kerja keras tim baru terlihat pada seri kedua di Monaco. Di sana, Evans finis di urutan kelima pada balapan pertama (feature race) lalu finis keempat pada balapan kedua (sprint race).

Evans kembali meraih poin pada seri berikutnya, GP2 Eropa di Sirkuit Baku, Azerbaijan. Dia finis di urutan ke-5 pada feature race. Sementara itu, Sean meraih poin pertamanya musim ini setelah finis di urutan ke-7.

Namun, pada sprint race, kedua pebalap tersebut gagal mencetak angka karena terlibat insiden yang membuat mereka tidak finis.

Kekecewaan itu terbayar di Red Bull Ring. Evans dan Sean menguasai podium pada balapan pertama. Evans finis di urutan pertama, sementara Sean di posisi kedua.

Evans kembali mencatat poin dengan finis di urutan ke-8 pada sprint race, sementara Sean gagal menyelesaikan balapan karena terlibat insiden dengan Arthur Pic (Rapax)

"Podium pertama kami di Red Bull Ring begitu sempurna. Semua anggota tim termotivasi untuk mengulanginya lagi," ujar Gautheron lagi.

Berkat penampilan konsisten dan tren positif pada tiga seri terakhir, tim Pertamina Campos Racing sudah berada di posisi keempat klasemen sementara dengan nilai 80.

Pada klasemen pebalap, Evans kini berada di peringkat kedua dengan koleksi 56 poin atau hanya tertinggal 10 angka dari pemuncak klasemen, Raffaele Marciello (Russian Time). Sean berada di urutan ke-12 dengan koleksi 24 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com