Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hambalang Dibutuhkan sebagai Pengganti Ragunan

Kompas.com - 18/03/2016, 22:01 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Megaproyek Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON), Bukit Hambalang, Bogor, dibutuhkan untuk mengganti Sekolah Olahraga Khusus Olahragawan Ragunan yang sudah tidak memadai.

Menpora Imam Nahrawi mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan sidak kondisi Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON), Bukit Hambalang, Bogor, Jumat (18/3). Ini merupakan kunjungan kedua Menpora di Hambalang setelah sebelumnya melakukan peninjauan sekaligus memimpin rapat pimpinan jajaran Kemenpora, Selasa lalu, dan menyampaikan laporannya kepada Presiden Jokowi.

"Setelah kunjungan pertama kemarin, saya telah meminta tim di Kemenpora melakukan kajian mendalam terhadap rencana kelanjutan pembangunan di Hambalang. Saya sudah sampaikan hasilnya dan respons Presiden adalah langsung sidak pagi ini," kata Menpora.

Dalam sidak ini, Presiden Jokowi juga mengajak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljana, yang diminta untuk memeriksa kondisi tanah dan struktur bangunan yang ada di Hambalang sebelum diputuskan apakah pembangunan akan dilanjutkan.

"Kami sudah sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa Kemenpora memiliki kebutuhan akan adanya pusat pendidikan dan pelatihan untuk atlet dan keberadaan Sekolah Khusus Olahraga yang ada di Ragunan saat ini fasilitasnya dianggap sudah tidak memadai."

"Sementara untuk membangunnya nanti akan menjadi wilayah kewenangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," jelas Menpora yang terlihat terus bersemangat mendampingi Jokowi naik turun tangga, memasuki ruangan ruangan dalam gedung, memeriksa barang-barang yang menumpuk tidak terawat, hingga menerobos ilalang tinggi yang menutupi area bangunan di Hambalang selama sekitar 1 jam.

KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Presiden RI Joko Widodo meninjau langsung lokasi proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/3/2016).

Saat ditanyakan apakah pembangunan ini terkait dengan persiapan jelang Asian Games 2018, Imam Nahrawi menegaskan, "Intinya kita ingin menyelamatkan aset negara yang ada di sini. Kalau dibiarkan terbengkalai, biaya pengamanan, perawatan, dan pemeliharaannya akan lebih besar. Kita tunggu bagaimana hasil kajian yang dilakukan oleh Kementerian PU dan keputusannya akan ditetapkan oleh Presiden dalam Rapat Kabinet Terbatas yang akan datang," tutup Menpora.

Pembangunan Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang atau yang biasa disebut Proyek Hambalang telah direncanakan sejak tahun 2004 lalu dan pembangunannya terhenti pada tahun 2011. Dalam proses pembangunannya, proyek ini telah menyerap anggaran sebesar Rp 271 miliar dari dana Rp 1,2 triliun yang dianggarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com