Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christo Samakan Kedudukan 2-2

Kompas.com - 06/03/2016, 17:44 WIB

SOLO, Kompas.com - Christopher Rungkat mengalahkan petenis utama Vietnam, Ly Hong Nam untuk  membuka peluang Indonesia  pada pertandingan babak pertama Grup II Zona Asia-Oceania Piala Davis 2016 di Solo, Jateng, Minggu.

Christo yang turun di partai ke empat berhasil menang atas petenis nomor satu Vietnam Ly Hoang Nam, dengan skor 6-4 6-1 dan 2-0, Ly mengundurkan diri karena kelelahan dan tidak sanggup melanjutkan pertandingan, sehingga kedudukan menjadi imbang 2-2.

Tunggal utama Indonesia ini tampil percaya diri melawan Ly Hoang tersebut, setelah tim Davis Indonesia ketinggalan peroleh poin atas Vietnam, 1-2. Karena, partai ke tiga ganda Indonesia Christopher/Sunu Wahyu Trijati sebelumnya telah mengakui keunggulan pasangan Vietnam, Ly Hoang Nama/Nguyen Hoang Thien, dengan empat set3-6 6-3 6-7 (3) dan 2-6.

Meski menang, pada set awalnya mendapat perlawan ketat atas Ly Hoang yang memiliki pukulan dari baseline keras tersebut. Christo pertama ketinggalan dari petenis Vietnam mulai 1-3 dan akhirnya disamakan menjadi 3-3. Christopher dengan menempatan bola di tempat kosong dan menekan Ly Hoang, akhirnya mampu mengambil set pertama dengan 6-4.

Pada set ke dua, Christo  bermain lebih agresif melakukan tekanan tekanan terhadap Ly Hoang, sehingga petenis Vietnam sering melakukan kesalahan sendiri. Christopher akhirnya mengambil set ke dua dengan 6-1.

Memasuki set ke tiga tidak mengendorkan serangan, sehingga menyebabkan petenis Vietnam kelelahan. Ly Hoang pada skor kedudukan 2-0 akhirnya tidak mampu melanjutkan pertandingan dan mengakui keunggulan tunggal nomor satu Indonesia, sehingga kedudukan angka menjadi imbang 2-2.

Usai pertandingan, Christo mengatakan melawan Ly Hoang bermain percaya diri dan telah memberikan tekanan-tekanan dengan mengarahkan bola sulit sehingga dia kelelahan.
"Saya setelah Indonesia ketinggalan 1-2 atas Vietnam, lebih emosional untuk bisa memenangkan di partai ke empat melawan tunggal Ly Hoang," kata Christopher usai pertandingan.

Kapten Tim Davis Cup Indonesia Roy Therik mengatakan setelah ganda Indonesia diluar dugaan dikalahakan Vietnam, maka Christopher harus bisa memenangkan di partai tunggal ke empat. Kemenangan Chrsitopher ini, Indonesia membuka peluang untuk bisa mengalahkan Vietnam, Piala Davis ini.

Menurut petenis Vietnam Ly Hoang Nam, bahwa Christopher memang petenis yang kuat, dan pukulannya cukup konsisten sehingga dirinya merasa kelelahan setelah melakukan pertandingan di nomor ganda sebelumnya pada Sabtu (5/3) malam hingga Minggu dini hari.

"Saya terus berusaha melawan tunggal Indonesia ini, tetapi karena pengaruh kurang tidur atau istirahat akibat pertandingan ganda sebelumnya yang melelahkan," kata Ly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com