Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christo Diharap Jadi Pembuka Jalan

Kompas.com - 03/03/2016, 17:32 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Senyum mengembang di kubu tim Indonesia tatkala Referee ITF Ashraf Hamouda (Qatar) membuka nama petenis yang tertera dalam bola undian adalah Christopher Rungkat dalam drawing Piala Davis Grup II Zona Asia Oceania di Rumah Dinas Wali Kota, Loji Gandrung, Solo, Kamis (3/3/2016).

Hal itu berarti bahwa andalan tuan rumah akan menghadapi petenis kedua Vietnam, Pham Minh Tuan, pada partai pembuka yang berlangsung di Stadion Tenis Gelora Manahan, Solo, Jumat (4/3/2016).

"Ini hasil drawing yang menguntungkan karena sesuai dengan harapan, Christo akan tampil pertama dan kami yakin dengan pengalaman yang dimilikinya, Christo mampu membuka jalan kemenangan bagi Indonesia," tutur kapten tak bermain tim Merah Putih, Roy Therik.

Roy, yang dalam struktur pelatnas tenis kini menempati posisi high perfomance director itu, berharap kemenangan pada partai awal bisa mendongkrak performa tunggal kedua Indonesia, Aditya Hari Sasongko, yang bakal meladeni ujung tombak Vietnam, Nam Hoang Ly.

"Tugas utama Adit adalah menguras tenaga Ly yang bakal bermain rangkap single dan double dalam tiga partai. Ambil satu set dulu dari lawan, syukur bisa lebih dari itu. Target kami, skor 1-1 pada hari pertama," paparnya tentang petenis kidal kelahiran Baki, Sukoharjo.

"Saya siap dan yakin mampu menjalankan tugas itu dan berusaha sebaik mungkin agar bisa ikut menyumbangkan kemenangan," kata Aditya yang dalam karier Piala Davis mencatat rekor kalah menang 3-5 itu.

"Saya sudah belajar banyak dari dua kekalahan saat bermain pada hari pertama Piala Davis. Pada 2012, saya kalah kelas dari andalan Thailand, Danai Udomchoke, yang peringkatnya memang jauh lebih tinggi dan tahun lalu juga kalah dari petenis Pakistan, Aqeel Khan, yang sangat berpengalaman di ajang ini. Kalau lawan tunggal utama Vietnam, rasanya kami berada dalam level yang sama," ucap lajang yang menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci awal tahun ini.

Sebagai tim promosi, Vietnam tak peduli dengan hasil undian, tetapi sadar bahwa tuan rumah sangat diunggulkan dalam laga perebutan supremasi tenis beregu putra dunia ini. "Kami pasti akan memberikan perlawanan dan tetap berusaha mencuri kemenangan," kata non-playing captain, Quoc-Bao Truong.

JADWAL PERTANDINGAN PIALA DAVIS
BABAK PERTAMA GRUP II ZONA ASIA OSEANIA
INDONESIA vs VIETNAM

Stadion Tenis Gelora Manahan, Solo.
Jumat (4/3/2016), 09.15
Christopher Rungkat vs Pham Minh Tuan
Aditya Hari Sasongko vs Nam Hoang Ly

Sabtu (5/3/2016), 12.30
Christopher Rungkat/Sunu Wahyu Trijati vs Nam Hoang Ly/Thien Nguyen Hoang

Minggu (6/3/2016), 09.30
Christopher Rungkat vs Nam Hoang Ly
Aditya Hari Sasongko vs Pham Minh Tuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com