Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Rahasia, Mobil F1 Rio Haryanto Baru Dipamerkan Senin

Kompas.com - 21/02/2016, 15:20 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Manor Racing menyatakan bahwa Rio Haryanto akan mengemudikan mobil MRT05 untuk tampil di ajang balapan F1 musim 2016. Namun, seperti apa tampilan dan spesifikasi mobil tersebut masih tertutup rapat.

Mobil balap tersebut kabarnya baru akan diumumkan saat pembukaan sesi latihan di Barcelona, Senin (22/2/2016) meskipun Rio baru mendapatkan jadwal latihan pada Rabu.

Hal ini dapat dilihat dari informasi yang disebutkan Twitter @pertaminaracing, Minggu (21/2/2016).

Manor Racing memang belum membocorkan spesifikasi dan bentuk mobil yang akan digunakan Rio pada musim Formula 1 di 2016 tersebut.

MRT05 disebut merupakan kolaborasi antara dua produsen besar, yakni Mercedes-Benz untuk mesin dan transmisi dari Williams Advanced Engineering.

Manor Racing memastikan bahwa powertrain untuk mobil balap timnya berasal dari Mercedes-Benz, 1,6 V6 Turbo.

Untuk bisa lebih bersaing dengan tim lain, Manor Racing juga menggandeng William Advanced Engineering untuk urusan girboks. 

Manor mengunggah suara mesin dari mobil MRT05 yang akan digunakan di 2016 di media sosial. Kemudian beberapa akun juga ikut mempublikasikannya.

Pada postingan tersebut, Manor menuliskan, teriakan mesin MRT05 mengagumkan, jantung mereka terasa berhenti sejenak mendengarnya. 

Melihat tim Manor Racing dengan formasi yang baru, banyak merekrut teknisi yang kompeten, dan dukungan mesin Mercedes, Rio sedikit merasa lega.

"Namun sebelum saya mencobanya, saya belum tahu seberapa kencang mobil milik Manor Racing," ujar Rio Haryanto beberapa waktu lalu.

MRT05 yang akan digunakan Rio Haryanto dan rekan pebalapnya di tim Manor Racing, Pascal Wehrlein, kemungkinan juga mengaplikasi teknologi andalan Mercedes-Benz yakni wind tunnel.

Bisa jadi, mobil yang dikendarai Rio Haryanto merupakan rancangan dari Tombaiz yang pernah bekerja untuk Benetton dan McLaren, dan terkenal sebagai salah satu master aerodinamis di balap F1.

Dengan senjata MRT05 ini, Rio Haryanto akan memulai laganya di balap F1 yang berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, pada 18-20 Maret 2016.

Kompas TV Inilah Spesifikasi Mobil F1
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com