Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ricky Anggawijaya Rebut Emas di Filipina

Kompas.com - 02/12/2014, 00:25 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Atlet renang Indonesia, Ricky Anggawijaya merebut medali emas pertama tim renang Indonesia di ajang ASEAN Schools Games (ASG) ke VI yang berlangsung di Marikina City, Filipina.

Dalam lomba yang berlangsung di Marikina Sport Center, Senin (1/12/2014), Ricky merebut medali emas di nomor 100 meter gaya punggung. Di hari pertama lomba renang, para atlet renang menambah tiga medali perak melalui A. Fadlan Prawira (400 meter gaya ganti putera), AA Istri Kania Ratih (100 meter gaya punggung putri), Sagita (200 meter gaya bebas puteri); serta dua perunggu melalui Adityastha Rai (100 meter gaya kupu-kupu), Adinda Larasati (400 m gaya ganti)  serta Sofie Kemala (100 meter gaya punggung puteri).

Lomba tahunan ASEAN School Games VI dibuka secara resmi pada Minggu (30/11/2014) dan akan berlangsung hingga 7 Desember. Di ajang yang memperebutkan 125 medali emas ini, Indonesia mengirimkan 186 atlet yang mengikuti 12 cabang olahraga.

Acara pembukaan berlangsung meriah dengan rangkaian acara kesenian tradisional negara-negara peserta yang dibawakan oleh pelajar sekolah menengah atas di Manila. Untuk Indonesia ditampilkan tari Pendet dari Bali yang diabwakan para pelajar dari Pasay West High School.

Chef de Mission kontingen Indonesia, Washinton Galingging menyebut Indonesia mengikuti 12 cabang olahraga yang terdiri dari atletik, renang, bulutangkis, sepaktakraw, golf, senam, basket, bolavoli, tenis lapangan, tenis meja, wushu. Indonesia bertekad memperbaiki posisi dari peringkat empat saat ASEAN Schools Games V dilangsungkan di Hanoi, Vietnam pada 2013.

ASG pertamakali dilangsungkan di Suphanburi, Thailand pada 2009 dengan kontingen Indonesia menempati urutan tiga. Urutan tertinggi yang dicapai kontingen Indonesia adalah saat diselenggarakan di Surabaya pada 2012 dengan menempati urutan dua di bawah Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com