Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Di Montezemolo Tinggalkan Ferrari

Kompas.com - 10/09/2014, 15:42 WIB
MARANELLO, KOMPAS.com — Kepala tim Ferrari, Luca di Montezemolo, akhirnya menjawab spekulasi seputar masa depannya. Pada Rabu (10/9/2014), pria 67 tahun ini mengumumkan pengunduran dirinya setelah 23 tahun memimpin tim yang bermarkas di Marenello, Italia, tersebut.

Salah satu alasan pengunduran diri Di Montezemolo berkaitan dengan rencana baru Fiat Chrysler Automobiles (FCA) untuk melantai di bursa saham New York yang juga dikenal dengan Wall Street.

"Ferrari akan memegang peran penting di Grup FCA untuk rencana melantai di Wall Street," kata Di Montezemolo. "Ini akan membuka fase baru dan berbeda di mana saya merasa seharusnya ini ditangani oleh CEO grup."

"Ini adalah akhir dari sebuah era dan saya memutuskan untuk meninggalkan posisi saya sebagai kepala tim setelah hampir 23 tahun yang luar biasa dan tak terlupakan, termasuk saat bersama Enzo Ferrari pada 1970-an," lanjut Di Montezemolo.

Di Montezemolo mulai membantu Enzo pada 1973, lalu menjadi bos tim F1 pada tahun berikutnya. Pria kelahiran Bologna ini juga dikenal atas jasanya membawa Ferrari menjadi juara dunia bersama Niki Lauda pada 1975 dan 1977.

Dia sempat pindah ke bagian lain organisasi FIAT pada 1980-an, lalu kembali ke F1 pada 1990-an ketika kondisi tim sedang buruk. Dia berhasil membawa Scuderia bangkit dan meraih banyak gelar juara dengan Michael Schumacher berada di balik kemudi.

Di Montezemolo akan bertahan di tim hingga 13 Oktober. Posisinya akan diisi Sergio Marchionne, kepala FIAT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com