Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fu Haifeng: Kerja Sama dengan Cai Yun Sudah Berakhir

Kompas.com - 06/03/2014, 15:35 WIB
BIRMINGHAM, KOMPAS.com - Pemain ganda putra China Fu Haifeng yakin bahwa 12-tahun kebersamaannya dengan Cai Yun sudah berakhir, meski kini masih sama-sama memperkuat tim nasional. Pasangan ini merupakan salah satu legenda bulu tangkis dunia.

"Kami tidak muda lagi dan sulit untuk bersaing di level tertinggi," kata Fu. "Lagi pula, saya tidak merasa kami bisa kompetitif lagi sebagai pasangan. Masa kami sebagai pasangan sudah berakhir. Namun, kami masih punya peran penting di tim nasional China, sebagai mentor."

Bersama, mereka empat kali menjadi juara dunia, meraih medali emas Olimpiade 2012, turut membawa China juara Thomas Cup enam kali berturut-turut sejak 2004 dan lima kali beruntun juara Sudirman Cup sejak 2005.

Fu yang kini berusia 30 tahun belum ingin pensiun, meski tak lagi berpartner dengan Cai. Dia sudah coba dipasangkan dengan beberapa partner berbeda sejak World Championships 2013 di Guangzhou, di antaranya Hong Wei dan Zhang Nan.

"Kami dipasangkan dengan pemain-pemain muda dengan dua alasan. Pertama, untuk mempercepat perkembangan mereka. Kedua, untuk membentuk tim nasional yang lebih kuat," lanjut Fu.

Ganda China terbaik saat ini, Liu Xiaolong/Qiu Zihan, masih tertahan di peringkat enam dunia. Bukan posisi yang menjanjikan jika China ingin meraih gelar Thomas Cup ke-10 tahun ini.

Di All England yang berlangsung pekan ini, Fu yang berpasangan dengan Zhang Nan harus memulai turnamen dari babak kualifikasi untuk bisa ambil bagian di babak utama. Mereka melangkah ke babak kedua, setelah mengalahkan Cai Yun yang berpartner dengan Kai Lu, 21-10, 21-16, Rabu (5/3/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com