Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siap Unjuk Gigi di Yamaha ASEAN Cup Race

Kompas.com - 29/11/2013, 22:44 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

SENTUL, Kompas.com — Yamaha ASEAN Cup Race (YACR) ke-10 digelar di Sentul International Circuit, Bogor, 30 November – 1 Desember 2013. Tahun ini event motor sport Yamaha itu diikuti 6 negara dengan 44 pebalap di dua kelas.

Enam negara partisipan adalah Indonesia sebagai tuan rumah, juara bertahan Thailand, Malaysia, Filipina, India, dan Jepang. Indonesia mengikutsertakan 10 pebalap yang lolos dari hasil perjuangan mereka di seri region dan final Yamaha Cup Race, Malaysia dan Thailand masing-masing mengutus 10 pebalap, Filipina 6 pebalap, India 5 pebalap, dan Jepang 3 pebalap.

YAMAHA INDONESIA Tim Thailand yang tampil di Yamaha ASEAN Cup Race.
Dua kelas dibuka di YACR tahun ini, kelas Expert/Seeded Sport (ST) dan kelas Novice/Pemula Moped (Manual Transmission/MT). Kelas Sport menggunakan motor street sport model Yamaha YZF-R15 dan kelas Moped dengan motor juara Indoprix 2013, Jupiter Z1. Sebanyak 21 pebalap mengikuti Kelas Sport dan 23 pebalap di Kelas Moped.

"Yamaha ASEAN Cup Race adalah event motor sport Yamaha yang tidak hanya sebagai ajang kompetisi tapi juga merupakan tempat edukasi untuk meningkatkan performa pebalap agar mendapatkan pengalaman bertarung di level internasional. Di tahun ini dibuka kelas Sport dengan R15 yang memberikan pengalaman membalap dengan motor sport, tidak hanya motor bebek. Melalui event ini pun Yamaha ingin mempertegas brand image khususnya lewat motor sport dan sebagai persiapan untuk kompetisi di tahun 2014," papar M Abidin, General Manager Service & Motorsport Yamaha Indonesia.

YAMAHA INDONESIA Tim Malaysia yang tampil di Yamaha ASEAN Cup Race.
YACR tahun ini bagi tuan rumah Indonesia menjadi ajang unjuk gigi kekuatan khususnya dengan Jupiter Z1, motor injeksi pertama yang menjuarai Indoprix. Bahkan langsung dua gelar yang diambil tahun ini di kelas 115 cc dan 125 cc lewat Sigit PD. Jupiter Z1 pun akan menjadi senjata tim Yamaha di Motoprix 2014.

Di akhir tahun ini YACR adalah pentas pembuktian kembali kekuatan tim Yamaha Indonesia untuk mengasah kemampuan para pebalap bersama dengan YZF-R15 sebagai langkah permulaan di balap motor sport, yang selanjutnya akan dipersiapkan di level yang lebih tinggi lagi.

Untuk keempat kalinya Indonesia menjadi tuan rumah YACR, sebelumnya dalam penyelenggaraan perdana di 2003, lalu 2006, dan 2009. Yamaha Indonesia paling banyak mengoleksi gelar juara yakni lima gelar di 2003, 2006, 2007, 2009, 2010. Kolektor terbanyak kedua adalah Thailand empat gelar di 2004, 2005, 2008, 2012. Di tahun 2011 tidak dilaksanakan di Thailand yang terkena bencana banjir. Tahun lalu saat digelar di Filipina, Indonesia membawa satu gelar lewat Agus Setyawan di kelas Moped (MT135-Jupiter MX).

YAMAHA INDONESIA Suasana di paddock tim Indonesia yang tampil di Yamaha ASEAN Cup Race,
Tema YACR kali ini adalah "Rock and Race", yang memadukan ingar bingar dunia balap dan musik rock. Opening ceremony dengan bintang utama pebalap Yamaha MotoGP Jorge Lorenzo mengitari trek Sentul menunggang YZF-R6 edisi 2014 yang baru saja diluncurkan di Indonesia, Meet & Greet Lorenzo dengan konsumen motor CBU Yamaha, Yamaha Safety Riding Science (YSRS) for Kids, musik entertainment oleh Noah sebagai brand ambassador korporat Yamaha Indonesia, Jambore Nasional Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI), dan Museum MotoGP yang menampilkan motor-motor yang memberikan gelar juara dunia MotoGP bagi Yamaha dari era Phil Read, Giacomo Agostini, Wayne Rainey, Kenny Roberts, Eddi Lawson sampai Jorge Lorenzo.

YAMAHA INDONESIA Latihan bebas Yamaha ASEAN Cup Race.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com