Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifat Sungkar Terkendala Debu Tebal di Ojibwe Forest Rally

Kompas.com - 24/08/2013, 17:24 WIB
Tri Agung Kristanto

Penulis


DETROIT LAKES, KOMPAS.com - Pereli nasional, Rifat Helmy Sungkar bersama navigator Steve Lancester dari Fastron World Rally Team menghadapi tantangan berat dalam seri keenam American Rally, Ojibwe Forest Rally di Detroit Lakes, Minnesota, Amerika Serikat.

Pada laga hari pertama, Jumat (23/8/2013) petang hingga malam waktu setempat atau Sabtu (24/8/2013) siang waktu di Indonesia, Rifat/Steve yang start pada urutan keenam, sementara berada di urutan kesembilan.

Pada seri kelima Reli Amerika sebelumnya, New England Forest Rally (NEFR) di Maine, AS, akhir Juli lalu Rifat/Steve berada di urutan ketiga. Pereli andalan tuan rumah Ken Block/Alexander Gelsamino dan pereli Inggris, David Higgins/Craig Drew, yang berada di urutan pertama dan kedua di NEFR 2013, sementara juga memimpin di tempat pertama dan kedua Ojibwe Forest Rally.

Manajer Tim Fastron World Rally, M Indra Prasetyo di Detroit Lakes, menuturkan, Rifat/Lancester dan peserta Ojibwe Forest Rally lain terkendala tebalnya tebu di penggal lintasan (special stage). Akibatnya, gap antarpeserta pun yang semula 1-2 menit diubah menjadi 2-3 menit.

"Masalahnya tak ada angin dan semua special stage di bawah pohon. Debunya sama sekali tak bergerak," jelas Indra.

Masalah yang lebih besar, lanjut Indra, peserta depan kita gaya mengemudinya sangat sideways. Debu yang tertinggal pun benar-benar  tebal. Di special stage 1, Rifat/Lancester sempat  berhenti lima kali dan delapan kali di special stage 2, karena jalan benar-benar tak terlihat, tertutup debu tebal.

Rifat/Lancester, yang tergabung dalam Libra Racing Team,  pun terpaksa mendatang teknisi untuk memasang tambahan lampu. Namun, permohonan perpanjangan waktu untuk service yang mereka ajukan tidak diterima oleh panitia.

Di penggal lintasan 4, mobil Mitsubishi Evolution X yang dikendarai Rifat sempat mengalami overshoot, keluar dari jalur. Untung, kata indra, mereka masih bisa kembali ke lintasan. Rifat/Lancester pun bisa menyelesaikan enam penggal lintasan yang diperlombakan pada hari pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com