Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roger Federer, Bisakah Juara US Open?

Kompas.com - 22/08/2013, 22:12 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Roger Federer memang tak sekuat dulu. Bahkan, tahun ini dia baru meraih satu gelar juara, itupun di turnamen Masters 250. Tetapi, bukan lantas Federer tak lagi punya harapan untuk menjuarai US Open yang akan mulai Senin (16/8/2013).

Petenis 32 tahun ini adalah pemegang lima gelar US Open, yang termasuk dalam total 17 gelar Grand Slam miliknya.

"Satu hal yang pasti, saya akan mengeluarkan seluruh kemampuan saya. Seperti biasa, saya senang kembali ke New York, dan berharap ini akan jadi perjalanan yang bagus untuk saya. Saya merasa baik, percaya diri, jadi kita lihat bagaimana hasilnya," kata Federer.

Petenis Swiss ini datang ke New York ditemani istri, Mirka, dan dua putri kembarnya yang berusia empat tahun, Charlene Riva dan Myla Rose. "Jelas bahwa keluarga adalah bagian terpenting dalam hidup," ucap Federer.

Keyakinan Federer ini bertentangan dengan pendapat John McEnroe. Pemilik empat gelar US Open dan tiga gelar Wimbledon ini, tak yakin Federer bisa juara di US Open. "Bagi saya, jelas ini akan sangat sulit . Saya tidak meliat dia (Federer) bisa melalui tujuh babak dan mengalahkan paling tidak dua dari tiga pemain papan atas," tegasnya.

Tiga pemain papan atas yang dimaksud McEnroe adalah Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Andy Murray.

Pendapat McEnroe ini berlawanan dengan keyakinan mantan petenis asal Kroasia, Goran Ivanisevic. Pemegang satu gelar juara Wimbledon ini yakin Federer nasih punya peluang untuk juara di US Open.

"Kalian berharap pada salah satu dari tiga pemain (Djokovic, Nadal, atau Murray), tapi di sana masih ada satu pria bernama Roger Federer. Semua orang berkata dia sudah selesai, tapi saya berkata tidak.

"Lapangan di sana (US Open) lebih cepat dibanding yang lain. Dia menyulitkan Nadal, pekan lalu (di Cincinnati), dan jika punya 'pikiran' yang bagus, dia bisa menimbulkan kesulitan (pada pemain lain) dan menang.

"Favorit juara adalah Djokovic, menurut saya. Tapi dua tahun lalu ketika Djokovic juara, Roger meraih match point saat melawan dia di semifinal dan seharusnya menang. Roger masih bisa melakukannya," ucap Ivanisevic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com