Lewis Hamilton Pole Position GP Jepang - Kompas.com

Lewis Hamilton Pole Position GP Jepang

Kompas.com - 07/10/2017, 15:08 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (tengah), melakukan selebrasi setelah meraih pole position GP Jepang. Posisi kedua ditempati rekan setimnya, Valtteri Bottas (kiri) dan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel (kanan), di urutan ketiga dalam kualifikasi di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (7/10/2017).Behrouz MEHRI/AFP Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (tengah), melakukan selebrasi setelah meraih pole position GP Jepang. Posisi kedua ditempati rekan setimnya, Valtteri Bottas (kiri) dan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel (kanan), di urutan ketiga dalam kualifikasi di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (7/10/2017).

SUZUKA, KOMPAS.com - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, sukses meraih pole position pertamanya pada GP Jepang setelah mencatat waktu putaran paling cepat di sesi kualifikasi, Sabtu (7/10/2017). Hamilton mengungguli rekan setimnya, Valtteri Bottas dan rival terberatnya pada musim balap Formula 1 (F1) 2017, Sebastian Vettel (Ferrari).

Sesi kualifikasi dibuka dengan insiden kecil dari Bottas. Pebalap Finlandia itu mengalami selip sehingga keluar dari lintasan dan masuk ke area gravel.

Meski begitu, Bottas tetap tampil solid. Delapan menit menjelang akhir sesi kualifikasi kesatu (Q1), dia berada di urutan ketiga tercepat dengan catatan waktu putaran 1 menit 29,332 detik. Bottas cuma kalah cepat dari Verstappen dan Hamilton yang berturut-turut menempati kesatu dan kedua.

Insiden kembali mewarnai sesi Q1. Kali ini, giliran Romain Grosjean (Haas) yang mengalami nasib sial. Grosjean yang mengalami selip saat berada dalam kecepatan tinggi, tergelincir hingga keluar lintasan dan menabrak pembatas.

Akibat insiden ini, mobil yang dikendarai Grosjean rusak parah. Sesi kualifikasi pun terpaksa dihentikan sementara setelah race stewards mengeluarkan bendera merah (red flag).

Grosjean juga tersisih dari Q1 bersama empat pebalap lain, Pierre Gasly (Toro Rosso), Lance Stroll (Williams), Marcus Ericsson (Sauber), dan Pascal Wehrlein (Sauber).

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2), Hamilton tampil sangat oke. Dia membukukan waktu putaran 1 menit 27,819 detik yang merupakan rekor lap baru di Suzuka. Catatan waktu putaran milik Hamilton ini bertahan hingga Q2 berakhir.

Sementara itu, lima pebalap yakni Stoffel Vandoorne (McLaren), Nico Hulkenberg (Renaul), Kevin Magnussen (Haas), Jolyon Palmer (Renault), dan Carlos Sainz (Toro Rosso) tereliminasi dari Q2.

Memasuki sesi kualifikasi ketiga (Q3), Hamilton tampil semakin cepat. Dia memperbaiki catatan waktu putaran Q2 menjadi 1 menit 27,345 detik pada Q3.

Bottas dan Vettel yang menjadi pesaing utama Hamilton pada sesi kualifikasi kali ini terus berupaya mencatat waktu putaran lebih cepat. Namun, usaha keras mereka belum bisa melewati catatan waktu putaran milik Hamilton.

Hingga Q3 tuntas, catatan waktu putaran Hamilton tetap menjadi yang terbaik. Melalui hasil ini, Hamilton kini mencatat pole position ke-10 pada musim 2017 dan ke-71 sepanjang kariernya.

EditorAloysius Gonsaga AE
SumberJUARA
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM