Sean Gelael Ingin Jalani Balapan Ideal di Silverstone - Kompas.com

Sean Gelael Ingin Jalani Balapan Ideal di Silverstone

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 14/07/2017, 18:05 WIB
Pebalap tim Pertamina Arden, Norman Nato (tengah), sedang berdiskusi dengan rekan satu timnya, Sean Gelael (kanan), di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Jumat (7/7/2017).Dok. Jagonya Ayam Pebalap tim Pertamina Arden, Norman Nato (tengah), sedang berdiskusi dengan rekan satu timnya, Sean Gelael (kanan), di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Jumat (7/7/2017).

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Pebalap Formula 2 (F2) asal Indonesia, Sean Gelael, berharap balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Sean, pebalap tim Pertamina Arden yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, sedang berupaya mendapatkan settingan mobil dan strategi tim yang tepat demi mencapai posisi sepuluh besar.

"Kami berjuang mendapat settingan yang pas sejak datang ke Silverstone. Mudah-mudahan saya mendapatkan balapan yang ideal pada hari Sabtu dan Minggu," ujar Sean dalam rilis yang diterima KOMPAS.com.

"Tantangan di Sirkuit Silverstone cukup berat. Saya harus fokus dan tidak boleh membuat kesalahan. Namun, saya menyukai sirkuit ini," kata pebalap 20 tahun tersebut.

Sean dan para pebalap lainnya akan menjalani balapan yang sulit di Sirkuit Silverstone.

Baca: Sean Gelael dan Antusiasme Jelang Balapan di Silverstone

Mereka harus mencari settingan mobil dan ban yang tepat untuk mengantisipasi faktor cuaca dan karakteristik sirkuit.

Sirkuit Silverstone dikenal sebagai lintasan dengan karakteristik cepat karena adanya sejumlah fast corner. Sebagian besar tim diyakini akan memilih ban bertipe hard dan soft.

"Karakteristik Sirkuit Silverstone akan membuat degradasi ban semakin cepat. Soft tyre memang lebih ideal untuk sesi kualifikasi. Sementara untuk balapan dibutuhkan kemampuan manajemen ban yang andal dari pebalap," kata Head of Car Racing Pirelli, Mario Isola.

Di Sirkuit Silverstone ada beberapa titik high-speed corners, seperti pada tikungan Abbey dan Copse yang sama cepatnya dengan Maggots dan Becketts.

Di titik inilah, ban dipaksa untuk bekerja secara maksimal. Ban juga akan tertekan beban vertikal karena mobil harus menikung lebih cepat.

Baca: Sean Gelael Raih Poin Pertamanya pada Musim Ini

Pada sesi latihan bebas Kamis (13/7/2017) kemarin, Sean menggeber mobilnya sebanyak 19 putaran dan membukukan waktu satu menit 42,224 detik. Catatan itu menempatkan Sean sebagai pebalap tercepat ke-16.

Rekan satu tim Sean, Norman Nato, menorehkan waktu lebih cepat yakni satu menit 41,337 detik. Pebalap asal Prancis itu menjadi pebalap tercepat kesembilan.

Sementara itu, putaran waktu tercepat diraih oleh pebalap Prema Racing, Charles Leclerc yakni satu menit 40,695 detik.

Para pebalap F2 akan menjalani sesi kualifikasi pada Jumat (14/7/2017) pukul 15.15 waktu setempat, atau 21.15 WIB.

PenulisNugyasa Laksamana
EditorNugyasa Laksamana
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM