Satu Mata Dovizioso Tertuju pada Gelar Juara Dunia - Kompas.com

Satu Mata Dovizioso Tertuju pada Gelar Juara Dunia

Kompas.com - 29/06/2017, 15:10 WIB
MOTOGP.COM Pebalap Ducati Team asal Italia, Andrea Dovizioso, memacu motornya pada sesi kualifikasi GP Belanda di Sirkuit Asssen, Minggu (25/6/2017).

HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, KOMPAS.com - Sachsenring bukanlah sirkuit yang akrab dengan motor Ducati. Inilah satu fakta yang dipahami pebalab Ducati Team asal Italia, Andrea Dovizioso.

Satu-satunya kemenangan Ducati yang diraih di sirkuit ini adalah pada 2008 melalui pebalap Australia yang kini menjadi duta pabrikan motor asal Italia tersebut, Casey Stoner.

Sejak naik ke MotoGP pada 2008, Dovizioso baru dua kali merasakan naik podium di Sachsenring yakni pada 2012 dan 2016. Keduanya hasil finis di urutan ketiga.

"Sachsenring merupakan sirkuit yang memunculkan beberapa masalah buat kami pada masa lalu. Namun, sekarang lintasannya diaspal ulang, jadi ini berarti baru buat semua pebalap," kata Dovizioso.

Setelah balapan musim lalu, lintasan Sachsenring memang diaspal ulang. Bagaimana efek aspal baru ini terhadap ban masih jadi misteri bagi semua pebalap.

Baca juga: Data dan Fakta Jelang MotoGP Jerman

"Seperti biasa, kami harus memperhitungkan bagaimana reaksi ban, terutama karena kali ini belum ada pebalap yang mencoba lintasan di sini setelah diberi aspal baru," kata pebalap 31 tahun tersebut.

GP Jerman merupakan seri ke-9 dari 18 balapan yang dijadwalkan musim ini. Grand Prix akan berlangung pada 30 Juni-2 Juli.

Dovizioso datang ke Jerman dengan status sebagai pemuncak klasemen sementara pebalap. Ini merupakan hal baru bagi Dovizioso sejak naik ke MotoGP.

Pada GP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, akhir pekan kemarin, Dovizioso hanya finis di urutan kelima.


Namun, hasil itu sudah cukup untuk menggeser Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP) dari puncak klasemen. Vinales tidak mendapat poin di Belanda karena terjatuh saat balapan.

Saat ini, Dovizioso memimpin klasemen dengan 115 poin, unggul empat angka atas Vinales.

"Rasanya puas datang ke Jerman sebagai pemimpin klasemen. Namun, itu tidak akan mengubah bagaimana saya menjalani balapan," kata Dovizioso.

"Seperti sebelumnya, saya tidak membalap hanya demi hasil (bagus) pada satu balapan. Satu mata saya selalu tertuju pada gelar juara dunia," kata dia lagi.

Persaingan GP Jeman akan dimulai dengan sesi latihan bebas pada Jumat (30/6/2017) pagi waktu setempat.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPipit Puspita Rini
SumberMotoGP
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM