Atletik Indonesia Datangkan Pelatih Sekelas Guardiola di Sepak Bola - Kompas.com

Atletik Indonesia Datangkan Pelatih Sekelas Guardiola di Sepak Bola

Kompas.com - 26/01/2017, 05:47 WIB
VALERY HACHE/AFP PHOTO Pelatih Amerika Serikat, Harry Marra (tengah), berpose setelah menerima penghargaan sebagai pelatih terbaik pada International Association of Athletics Federations (IAAF) gala di Monaco, 2 Desember 2016.

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mengejar target meraih medali pada Asian Games 2018 dan Olimpiade Tokyo 2020, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mendatangkan pelatih dari luar negeri.

PASI mendatangkan pelatih terbaik dunia pada 2016 asal Amerika Serikat, Harry William Marra (69), untuk berbagi ilmu dengan pelatih dan atlet nasional.

"Tujuan utama mendatangkan Marra adalah untuk membawa atlet Indonesia ke level berikutnya," kata Sekretaris Umum PB PASI Tigor M Tanjung saat bertemu media di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Menurut Tigor, Marra akan memberikan coaching clinic pada 12-23 Februari di Stadion Pakansari, Cibinong.

"Jadi, nanti Marra akan memberikan pelatihan kepada para atlet nasional. Para pelatih hanya akan menonton," kata Tigor.

"Setelah sesi latihan, para pelatih bisa bertanya atau berdiskusi dengan Marra. Sepanjang sesi latihan, pelatih tidak boleh bertanya sama sekali," ujar Tigor lagi.

OLIVIER MORIN/AFP PHOTO Pelari Amerika Serikat, Ashton Eaton (kanan), merayakan bersama pelatih, Harry Marra, setelah memenangi nomor dasa lomba pada Olimpiade Rio 2016 di Olympic Stadium, Rio de Janeiro, 18 Agustus 2016.

Marra merupakan pelatih senior yang sudah berhasil membawa Ashton Eaton (AS) meraih medali emas nomor dasa-lomba pada Olimpiade London 2012 dan Rio 2016.

"Kalau di sepak bola, Marra ini satu level dengan Pep Guardiola (Manchester City) dan Jose Mourinho (Manchester United)," kata Tigor disertai senyum meyakinkan.

Awalnya, Marra meminta PASI mengirimkan atlet dan pelatih Indonesia ke pemusatan atletik tempat dia melatih di Westmont College, Santa Barbara, AS.

Namun, setelah melalui proses negosiasi, Marra setuju untuk datang terlebih dulu ke Indonesia dan memberikan pelatihan.

Nantinya, atlet dan pelatih yang memiliki potensi akan dikirim PASI ke AS untuk berlatih di tempat Marra.

EditorPipit Puspita Rini
SumberJUARA,
Komentar
Close Ads X